PUTARAN BALING-BALING KIPAS TERBOLAK BALIK
Ini pengalaman saya saat mengetes kipas cosmos yang telah selesai digulung.
Ketika menekan tombol speed 1,ternyata putarannya terbalik,melawan arah jarum jam,begitu juga speed 2.
Tetapi speed 3 putarannya normal,searah jarum jam.
Awalnya saya bingung,baru kali ini menggulung kipas hasilnya seperti itu.
Saya runut lagi ingatan saya dari awal memasangnya,saya merasa kalau saya mengerjakan seperti biasanya.
Tapi bisa jadi saya khilaf,lilitan starting tertukar dengan lilitan low.
Daripada penasaran,akhirnya saya bongkar lagi ikatan gulungannya hanya pada bagian sambungan kabel-kabelnya dan memeriksa koneksi kawatnya.
Setelah diteliti dan diukur ujung-ujungnya dengan multi tester,tidak ada yang salah.
Namun perhatian saya tertuju pada kabel biru,yang tersambung pada kabel untuk listrik.
Ternyata disitu salahnya.Saya menyalahi standar warna saya sendiri dalam hal koneksi kawat ke kabel.
Standar saya adalah,warna yang paling gelap untuk line listrik,berurutan sampai warna yang terang.
Jadi kalau kabel-kabelnya berwarna abu-abu,biru,merah,dan kuning,warna abu-abu sebagai line,biru sebagai speed tercepat,merah speed menengah,dan kuning menjadi speed terendah.
Sementara standar kipas angin cosmos,warna biru untuk line.
Artinya,saat menyambung kawat ke kabel,saya pake standar saya,namun saat menyambung kabel ke kabel listrik,saya pake standar cosmos.
Semoga pengalaman saya menjadi pembelajaran untuk anda,agar jangan cepat menyerah saat mengalami kipas atau apapun,tidak berjalan semestinya.
Periksa dahulu,jika anda menemukan kesalahannya,maka akan menjadi pengalaman.
Baling-baling bisa diputar bolak-balik.
Kalau kasus diatas adalah salah konek kabel,maka kasus yg ini adalah karena memang ada kerusakan.
Ada pelanggan saya mengeluhkan kipasnya hanya berdengung,bisa berputar tapi harus dibantu tangan,dan anehnya baling-baling bisa muter bolak balik,gimana tangan mengarahkan.
Penyebab kipas bisa diputar bolak balik,karena yg bekerja hanya spul runing,sementara spul starting tidak mendapat arus.
Spul runing ini terkoneksi dengan speed 3(tercepat).
Cara mengetahuinya,dengan mengecek steker menggunakan avo meter,lalu tekan speed 3,jarum harus menyimpang.(Speed 1 dan 2 bisa diabaikan,karena jika kawat speed 1 atau 2 yg putus,kondisinya sama).
Sementara saat mengecek kabel kapasitor,jarum avo diam saja.
Untuk mengatasinya,pertama cek visual pada gulungan,apakah ada kawat yg putus.
Karena bisa jadi ada kawat yg keluar dari barisan,lalu disambar oleh rotor(hal ini biasanya terjadi pada kipas yg digulung ulang).
Kedua,ikatan kabel di gulungan harus dibongkar,dan melihat solderannya.
Jika korosi,periksa kawatnya apakah masih nyambung atau tidak.
Biasanya korosi menyebabkan kawat putus.
Sementara,kasus yg menimpa pelanggan saya,penyebabnya adalah dia mengganti baut cover depan dinamo dengan yg lebih panjang,sehingga menusuk spul starting.
Kalau begini mau gk mau,kipasnya harus digulung ulang.
Apakah anda punya pengalaman unik juga saat memperbaiki kipas angin?
Silahkan share pengalaman anda di kotak komentar,siapa tau menjadi pembelajaran bagi rekan-rekan yang lain...
Untuk perawatan kipas,baca artikel tips merawat kipas.
Untuk perawatan kipas,baca artikel tips merawat kipas.
Video terkait; langkah awal perbaikan kipas angin
Pak, tau cara gulung stator kipas angin kecil ga?
ReplyDeleteItu loh, yg cuma ada satu gulungan aja dibawah rotornya.
Ada 4 kabel yg keluar dari statornya, yg satu langsung ke AC, dan yg 3 nya bwat pilihan kcepatan.
Maksudnya yang baling-baling ukuran 8 inch ya?
DeleteUntuk kipas jenis itu,menggulungnya mudah kok,cukup letakkan plastik dudukan gulungan ke mesin gulung,asal tahu jumlah gulungannya.
Cara menghitungnya,bongkar dulu plastik dudukan dari kern dengan cara diketok.
Setelah keluar,masukan ke mesin gulung lalu gulungannya dibongkar dengan cara tarik ujungnya,dan mesin akan menghitung.
Jangan lupa,catat saat gulungan sampai pada sambungan kabel,karena akan berlanjut pada sambungan berikut.
Coba praktekan dulu dari kipas yang sudah tidak terpakai,sebagai pembelajaran.
pagi pak sya pnya kipas kosmos putaran y ter balik,warna kabel tombol y coklat,abu-abu,merah,orange. sedangkan yg d dinamo warna kabel y hitam,biru,putih merah.jd untuk warna-warna pemasangan y ke warna mana ja y pak.terimakasih sebelum y selamat siang
ReplyDeletepagi pak sya pnya kipas kosmos putaran y ter balik,warna kabel tombol y coklat,abu-abu,merah,orange. sedangkan yg d dinamo warna kabel y hitam,biru,putih merah.jd untuk warna-warna pemasangan y ke warna mana ja y pak.terimakasih sebelum y selamat siang
ReplyDeletewah,saya agak bingung dengan penjelasan bapak,kok warna kabel tombol berbeda dengan warna kabel dinamo?padahal harusnya kabel dari dinamo langsung menuju tombol?
Deleteasumsi saya,kabel dari dinamo terlalu pendek jadi disambung dengan kabel lain yang warnanya berbeda.
untuk menentukan kabel mana yang untuk speed 1,2,3 dan line,diukur dengan multitester.
untuk kipas cosmos,jika mesinnya masih asli,kabel line(yang terhubung langsung dengan kabel listrik)biasanya berwarna biru(jika diukur dengan kabel lain,resistansinya tinggi,jarum tester condong ke kiri).
sedangkan kabel speed diukur satu sama lain,jarum condong kekanan(resistansinya rendah).
untuk mengetahui kabel mana untuk speed 1/2/3,konek saja kabel hitam,putih dan merah ke tombol saklar,dan dinyalakan,nanti akan dirasakan mana yang hembusan anginnya pelan,sedang dan kencang.
jika hembusan angin tidak sesuai dengan angka disebelah tombol,tinggal tukar kabel pada tombol yang seharusnya.
karena di tombol sudah ada kabelnya,anda tinggal melepas dan menyambung saja,tidak peduli warna kabel tombol.
bagaimana memperbaiki arah baling-baling kipas angin maspion yang memutar kekiri sehingga angin yang dihembuskan kebelakang
ReplyDeletekern-nya dibalik aja,gan.
DeletePak saya mau tanya kenapa kipas saya kok arahnya mundur? Kabel hitam, biru untuk listrik terus merah putih kuning untuk tombol
ReplyDeletemaaf gan,deskripsinya kurang jelas.
Deletekabel listrik untuk saklar warna apa,trus kabel kapasitor warna apa?
biasanya,standar warna kebanyakan kipas,warna hitam untuk listrik,terkoneksi langsung ke kabel listrik.
kabel listrik satunya lagi konek ke saklar.
kabel merah,putih dan biru untuk tombol saklar,dan warna kuning untuk kapasitor.
saya tunggu responnya.
ّhrus x kbel stndar maspion untk aliran k lisrtik putih
DeletePak saya mau nanya
ReplyDeleteKipas di rumah saya hidup tapi baling2 nya gak mutar cuma bergetar saja pak. Di bantu pakai tangan untuk memutarkan pun gak bisa dia pak . Apa itu sudah jelas capasitor nya yg kenak pak?
sewaktu diputar tangan,terasa berat atau ringan?
ReplyDeletekalau berat,masalah di bosing.
kalau terasa ringan,coba ganti kapasitornya.
saya juga mengalaminya kemarin tapi dinamonya langsung terbakar saya beli sudah mengikuti skema yang tertempel disamping dinamo tersebut, pada nomor 1 putaran normal, nomor 2 dan 3 terbalik dan langsung terbakar kira2 kesalahannya dimana ya, warna kabel merah, biru, oranye, dan abu2 petunjuk dari toko warna oranye = line
ReplyDeletemohon pencerahannya
pada dasarnya,kabel line terhubung langsung dengan salah satu kabel untuk kapasitor.
ReplyDeletejadi untuk mencari tau kabel line,tinggal ukur saja pake avo meter.
tempel satu probe avo pada kabel yg diduga untuk line dan probe satunya pada salah satu kabel kapasitor,jarum avo harus menunjuk 0 ohm.
bila jarum masih menunjuk resistan tinggi,pindahkan probe pada kabel kapasitor satunya.
bila belum menunjuk 0 ohm,berarti kabel yg diduga tersebut bukan untuk line.
coba ukur kabel lainnya sampai ketemu.
untuk kasus dinamo terbakar,dugaan saya kawat gulungan memakai aluminium,karena resistansi aluminium lebih rendah daripada tembaga.
mas kipas angin speed no.1,2 normal tapi yg ke 3..muternya terbalik..kesalahannya d.mana y mas ..mohon pencerahannya mas...
ReplyDeletesepertinya kasusnya mirip dengan kasus saya.
Deleteapakah mesin habis di service?
langkah awalnya,lepas dulu semua kabel dari saklar dan kabel steker,seluruhnya ada 4 kabel.
lalu cari kabel untuk line menggunakan avo meter skala X10,cirinya terhubung langsung dengan salah satu kabel kapasitor di mesin,tanpa hambatan,kalau ada hambatan berarti kabel speed.
kalau sudah ketemu,maka 3 kabel yg lain adalah untuk speed.
Terimakasih om Achmad, karena penjelasan di atas kipas saya bisa muter normal semua.. karena baru ganti motor dinamo
DeleteKabel plus untuk kipas angin cosmos orbit warnanya apa ya gan? Ada warna biru coklat sama kuning
ReplyDeleteKabel plus untuk kipas angin cosmos orbit warnanya apa ya gan? Ada warna biru coklat sama kuning
ReplyDeletebiasanya kabel plus kipas cosmos warna biru.
Deletekalau tidak yakin,cek aja pake avo meter skala X10 ohm,tahanan yg paling besar adalah untuk plus.
selamat sore.
ReplyDeletepak mau tanya:
kipas angin saya rusak lalu saya beli dimanao baru nah setelah di pasang ternya putarannya tidak normal,speet pertama putarannya normal (arah jarum jam)
namun speed ke 3 dan ke 3 putarannya terbalik jadi ke kiri,
pertanyaannya:
ke salahannya dimana?
mohon pencerahannya,terima kasih.
instalasi kabelnya sesuai skema gk gan?
ReplyDeletebiasanya skemanya disertakan di body dinamo.
saya awam masalah kipas angin..ini kipas angin miyako yg remote..itu puterannya terbalik alias ke kiri..gimana cara paling mudah untuk membalik biar ke kanan putarannya..
ReplyDeletecara termudah dengan membalik kern kipasnya,gan.
DeleteGan mo tanya2 nih, saya memperbaiki kipas angin ganti motornya segelondong. Awalnya berjalan normal, -+ sebulan setelah perbaikan perputaran kipas melemah. Sekarang klo dinyalakan harus dibantu diputar kipasnya, poros(as) nya lancar(ga seret) adakah solusinya?
ReplyDeleteDan kalo diputar(dibantu dngan tangan) kearah sebaliknya kipas pun juga tetap berputar kebalik. Udah coba ganti kapasitor, tidak ada perubahan (putar kanan kiri OK ��). Mohon pencerahannya
Gan mo tanya2 nih, saya memperbaiki kipas angin ganti motornya segelondong. Awalnya berjalan normal, -+ sebulan setelah perbaikan perputaran kipas melemah. Sekarang klo dinyalakan harus dibantu diputar kipasnya, poros(as) nya lancar(ga seret) adakah solusinya?
ReplyDeleteDan kalo diputar(dibantu dngan tangan) kearah sebaliknya kipas pun juga tetap berputar kebalik. Udah coba ganti kapasitor, tidak ada perubahan (putar kanan kiri OK ��). Mohon pencerahannya
Gulungan starting putus,gan.
DeleteKemungkinan sambungan kawat korosi.
Gan mau tanya....
ReplyDeleteKipas angin sy mrek maspion:udah sy ganti=AS,BERING(LAKER),KAPASITOR. Tp yang hidup cuma putaran 1,itupun hrus dbantu muter pakai tangan.untuk putaran 2 & 3 mati total.sy dah cek saklar putaran 1.2.3 normal.apa dinamo sy yang bemasalah gan.mohon solusinya.trims
kayaknya sih gulungannya bermasalah.
ReplyDeletedi maspion,nomor 1 itu speed tercepat.
Mas gimana kalok motor kipas nya di on gak jalan... Tapi klok di puter manual malah bisa tapi bisa bolak balik (dlm ke adaan on)
DeleteKondisi begitu karena gulungan starting tidak bekerja,bisa disebabkan kawat putus atau sambungan ke kabel tidak konek.
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletepak, saya sedang mengerjakan karya ilmiah untuk membuat kipas angin menggunakan cd bekas dan juga motor dc, namun knp, angin yang dihasilkan menyebar, bagaimana caranya agar anginnya mengarah kedepan
ReplyDeleteSepertinya lekukan daun kipasnya kurang miring,gan.
ReplyDeleteAgan bisa mencontoh baling-baling desk fan merk cosmos,kemiringan daun kipasnya membuat hembusan anginnya fokus.
Wah makasih Ilmu yg bermanfaat
ReplyDeleteOm, saya mau tanya,, kipas angin saya maspion 3 kecepatan habis diganti motornya.
ReplyDeleteTetapi anehnya speed 1 dan 2 putarannya terbalik sedangkan speed 3 normal. Solusinya gimana ya biar putaran bisa normal kembali?
Terima kasih
Pastikan dulu kabel untuk jalur line dan speed dr dinamo.
DeleteKasus tsb karena salah konek kabel di switch antara kabel line dan speed.
Pak!saya baru beli dinamo kipas minyak,kipas yang rusak yang pake remote sementara saya ganti dengan yang manual,pas dipasang speed 1 pemutarannya normal tapi speed 2 dan 3 pemutarannya terbalik dan kayak ada bau gosong kira2 apanya yang salah ya?
ReplyDeleteAssalamualaikum pak sy punya mesin gerinda merk modern type M250b sempet putus gulungan nya trus sy bawa ke tukang gulung eh pas di pasang ternyata muter nya terbalik harusnya kekiri ini muter nya kekanan. Mohon penjelasannya. TKS
ReplyDeleteHarusnya di test di tempat,biar langsung diperbaiki sama tukangnya,gan.
DeleteMlm pak, maaf mau tanya..pada kasus yang bapak alami, jika dibiarkan begitu apa yang terjadi pada motornya? Terbakar atau aman2 saja. Trims
ReplyDeleteJika dinyalakan speed 3 saja,tidak masalah.
DeleteKarena kabel yg dialiri arus hanya tukar posisi.
Tetapi yg speed 1 dan 2,tentu akan bermasalah,gulungan akan panas dan terbakar.
Wah ga aman ya, klw aman sih tak ikutin biar ky exhaust hehe.. tp klw pngin bisa agar bolak balik bisa pak ?
DeleteTapi aman pak pastinya
ReplyDeleteBisa aja,gan.
DeleteKoneksi gulungan dibuat seperti exhaust dan ada tambahan saklar buat bolak-balik.
Tp aneh aja,kipas standfan/deskfan,hembusan anginnya ke belakang.
Gan mau tanya ni. Saya punya kipas maspion belum pernah service dari awal pakai. Baru2 ni gak bisa muter terdengar bunyi dengungan, sekarang dicoba nyalain lagi spid 1,2 malah kebalik arah muternya. Yang spid 3 dibantu muter arahnya normal, tp lama lama berhenti sendiri
ReplyDeleteGan mau tanya ni. Saya punya kipas maspion belum pernah service dari awal pakai. Baru2 ni gak bisa muter terdengar bunyi dengungan, sekarang dicoba nyalain lagi spid 1,2 malah kebalik arah muternya. Yang spid 3 dibantu muter arahnya normal, tp lama lama berhenti sendiri
ReplyDeleteKl belum pernah service,kemungkinan sambungan kawat dan kabel mengalami degradasi karena jamur.
DeletePeriksa sambungannya,letaknya terikat di gulungan.
Hati-hati saat membongkar,kawat rentan putus.
Gan knapa kipas saya pas belum di kasih baling" muter,kok pas di kasih baling" g bisa muter ya,padahal sebelum di kasih baling" putarannya cpet.mohon pencerahanya
ReplyDeleteBiasanya kapasitor lemah,coba ganti dulu.
DeletePermisi pak, minta pencerahannya, bagaimana jika saya membalik arah putaran kipas angin dengan membalik arah rotor pada asnya.
ReplyDeleteGk ngaruh gan,sebab penggeraknya stator,rotor cm ngikut.
DeleteSelamat pgi dini hari om
ReplyDelete😊😊😊
Fan sy miyako
Speed 1 pugaran kkiri
Speed 2 3 putaran kkanan
Tlg om salah'a dmana y ?
Sebelum'a sy sudah ganti fuse therm'a
Trimakasih sebelum'a
Selamat pgi dini hari om
ReplyDelete😊😊😊
Fan sy miyako
Speed 1 pugaran kkiri
Speed 2 3 putaran kkanan
Tlg om salah'a dmana y ?
Sebelum'a sy sudah ganti fuse therm'a
Trimakasih sebelum'a
Pak mau nanya, pemasangan kapasitor kecil yg nyambung di kawat lilitan itu kebolak balik gak masalah ya pak?? Karena speed 1,2 muternya kebalik.. Speed 3 muternya normal. Suwun
ReplyDeleteGan mau banyak saya servis kipas. Tapi mutarnya terbalik, padahal cabellnya kapasitor benar, sambungan speed 1-3 benar. Yang berputar normal itu hanya no satu 2 & 3 terbalik dari apa kendalanya. Mohon infonya
ReplyDeleteOm minta sarannya dong, kipas angin saya yang rusak warna kabel pada motornya biru,merah, putih dan abu-abu tapi pada saat beli motor yang baru warnanya biru, merah, putih dan hitam. Saya sambunngin yg hitam ke yang abu2 tp tombol 1 putaran sesuai arah jarum akan tetapi tombol 2,3 kebalikannya. Warna apa yang rerbalik? Makasih atas jawabannya
ReplyDeleteGan mau nanya kipas angin harus bantu putar baru jalan dan putaranya bisa kekiri dan kekanan kapasitor baru ganti,, apa penyebabnya, trimah kasih
ReplyDeleteMaaf pak mau tanya kipas angin kl hembusan anginnya kebelakang bukan kedepan kira kira knp ya...makasih
ReplyDeletebg saya pernah kebalik kekgitu juga pas beli dinamo baru tapi setelah beberapa menit saya hidupkan ada percikan api dari dinamo dan konslet .dan saya kembali menghidupkan ternyata speed nomor 1 nya gak hidup dan sped 2.3 masi hidup .dan dinamonya cepet panas dan berasap bg gimana itu bg ?
ReplyDeletebg saya pernah kebalik kekgitu juga pas beli dinamo baru tapi setelah beberapa menit saya hidupkan ada percikan api dari dinamo dan konslet .dan saya kembali menghidupkan ternyata speed nomor 1 nya gak hidup dan sped 2.3 masi hidup .dan dinamonya cepet panas dan berasap bg gimana itu bg ?
ReplyDeleteItu seperti kendala saya bang, cuma saya gak lilit sendiri tp beli langsung mesin nya,, nah disini saya bingung bang,,, say ngikutin petunjuk pengkabelan nya sesuai arahan di panduan mesin kipas yg saya beli.. Antara lain " Hitam kel Line, biru ke kec 1, putih kec 2 dan merah kec 3 " tp pas saya nyalakan malah seperti yang abang alami itu,,, dan solusi nya bang apa salah dari petunjuk si penjual nya atau abang punya solusi bang?????
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteBang kipas angin saya kan susah muter tuh, nah saya muter AS nya pakai tangan ke kanan bisa dan masalahnya kekiri juga bisa saya maunya kenan aja gimana tu bang solusinya
ReplyDeletesama kayak punya sya
DeletePenyebab kipas angin regency klo d on ke angka satu gak mutar,keangka 2 gak mutar,klo ke angka tiga mutar tpi,harus bantu putarin baling baling baru hidup kipasnya,
ReplyDeleteKipas saya merk cosmos mati total. Lalu saya putus sambung.. Kabel dinamo yg warna biru ke kabel abu2 kapasitor,, eh setelah disambung kok putarannya terbalik k kiri y
ReplyDeleteIlmu yg bermanfaat..terima kasih.
ReplyDeleteDinamo saya 1 phase muter bolak balik sendiri..setelah saya buka ada yg warna hitam lilitannya mungkin kebakar..apa itu penyebabnya?