MENYAMBUNG KABEL LISTRIK YANG AMAN | BALGEN

MENYAMBUNG KABEL LISTRIK YANG AMAN

Urusan sambung menyambung kabel pasti hal yang remeh ya.
Tinggal kupas,pelintir dan beres.
Memang ketika kabel disambung,awalnya aman-aman saja,tetapi seiring berjalannya waktu,dimana kualitas isolatip menurun,disitu bahaya mengintai.


Posisi kabel terkelupas yang diisolasi berdekatan,sangat riskan mengalami short,meskipun masing-masing kabel diisolasi secara terpisah.

cara menyambung kabel yang umum digunakan
cara umum menyambung kabel












Hal ini disebabkan kabel yang dialiri listrik,menimbulkan medan magnet,medan magnet ini akan menginduksi isolatip.
Sementara disebelahnya,kabel yang beraliran netral juga terbungkus isolatip.
Teori saya,antara kedua kabel terjadi gaya tarik menarik,sementara isolatip yang menjadi penengah,lama kelamaan akan menjadi payah,dan akhirnya menjadi setengah konduktor.
Prosesnya bukan sehari dua hari,tetapi memakan waktu yang cukup lama.
Efek dari proses ini,seperti MCB selalu turun setelah dinyalakan beberapa saat(frekwensi turunnya MCB tidak menentu).

Hal ini pernah saya alami ketika MCB rumah tetangga selalu turun.
Masalahnya ternyata pada kabel kulkas yang telah disambung,isolasinya mengalami degradasi sampai lem isolasi kering,ketika dibuka pada bagian dalamnya telah hangus,padahal kedua kabel masing-masing diisolasi.
Meskipun kabel kulkas dari jenis serabut,kabel tunggal yang digunakan untuk instalasi listrik bisa mengalami hal serupa,bahkan akibatnya lebih fatal,seperti rumah kebakaran.

     Tentu saja penyebab kebakaran rumah bukan hanya disebabkan sambungan kabel yang tidak aman,seringkali disebabkan penggunaan kabel yang tidak sesuai.
Misalnya,instalasi menggunakan kabel serabut atau kabel tunggal diameter kecil,tetapi listriknya untuk menyalakan peralatan listrik yang berdaya besar.
Kabel tersebut tidak akan sanggup menyuplai arus yang dibutuhkan peralatan tersebut.
Jika penggunaannya permanen,kabel akan menjadi panas,dan membuat isolator kabel memuai.

Yang menjadi masalah adalah ketika isolator kabel yang telah memuai menjadi kering,hanya dibutuhkan sedikit percikan untuk membakar bungkus kabel tersebut.
Jadi jangan heran,rumah yang sekelilingnya terbuat dari beton,masih bisa mengalami kebakaran,karena kabel yang telah terbakar itu menyentuh bagian dalam rumah yang mudah terbakar.
Atau anda pernah mendengar mobil terbakar gara-gara korsleting listrik?

Menyambung kabel yang aman.
Cara ini sebenarnya sama saja,hanya beda posisi.
Kalau cara yang biasa,kabel dipotong sejajar,sedangkan cara ini 1 kabel dipotong panjang,satunya lagi dipotong pendek.

cara aman menyambung kabel
kabel dipotong beda ukuran










Dengan memotong kabel beda ukuran,akan membuat jarak kabel yang dikelupas agak jauh setelah disambung.

cara menyambung kabel yang aman
cara aman menyambung kabel
Dengan cara ini,kabel yang dikelupas tidak akan berdekatan,sehingga antara keduanya ada jarak aman,dan isolatip tidak lagi menjadi korban dari perseteruan kabel fasa dan netral.

Menggunakan isolatip
Sering saya temui orang atau melihat hasil isolatip yang mengisolasi kabel hanya sekedar mengisolasi,atau juga yang terlalu hati-hati hingga gulungan isolasi sangat tebal.
Padahal ada cara yang cukup mudah agar kabel tertutup sempurna.
Buat orang listrik,pasti sudah paham caranya,yaitu isolatip ditarik hingga melar(tidak sampai putus) dengan ukuran dikira-kira untuk menutup kabel sempurna.

Mungkin banyak yang mengira,isolatip yang dijual di warung sama saja dengan yang dijual di toko listrik.
Padahal isolatip yang dijual di warung tidak bisa dibuat melar dan daya rekatnya kurang bagus.
Sedangkan yang dijual di toko listrik,memang diperuntukkan untuk kabel listrik.
Jika penggunaannya benar,yaitu ditarik melar baru dililitkan ke kabel listrik,anda akan kesulitan untuk melepasnya,jika tidak menemui ujung akhir isolatip.

Setelah membaca artikel ini,please...jangan lagi mengisolasi kabel dengan isolatip kado,lakban,apalagi double tape.
Bahkan saya pernah melihat kabel diisolasi dengan plastik kantong kresek.

Bila diantara anda ada yang tetap menganggap kalau menyambung kabel adalah hal yang remeh,saya cuma katakan bahwa menyambung kabel dengan cara yang saya uraikan hanya untuk berjaga-jaga,karena saya memang pernah mengalami hal demikian.
Meskipun penyebab kebakaran dari sambungan kabel hanya sepersekian persen dari sekian macam penyebab yang harus mendapat perhatian,paling tidak(di mata pelanggan/atasan) kita sudah bersikap profesional,karena memperhatikan hal yang kecil.

50 comments:

  1. Apakah cara di atas juga bisa diterapkan untuk menyambung kabel kontak kulkas yang putus? Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,bahkan contoh yg saya berikan dalam artikel adalah kabel kulkas.
      terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
    2. Gan gmn cara nyambung kabel kipas angin yg isinya ada tiga..apakah nyambung ngikutin warna apa silang?

      Delete
    3. kabel apa dulu nih,gan?
      kabel listriknya apa kabel dari dinamonya?
      kalo emang masih ada pasangannya,samain aja warnanya,cara nyambungnya agan bisa lihat di artikel.
      btw,thanks atas kunjungannya.

      Delete
    4. kalo kabel 3 warna ktemu kabel 2 warna , usahain warna kuning jangan disambung apa2 biarin aj , yg penting k 2 kabel yg lain disambung sesuai warna masing2

      Delete
  2. numpang nimba ilmu Oom...
    bagaimana dengan sambungan kabel ke colokan?? mereka kan otomatis berdekatan??? apa cukup aman hanya dengan isolatip item yg bisa melar itu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sambungan kabel berdekatan dengan steker agak riskan bila menggunakan isolatip,apalagi steker tsb sering colok cabut.
      sebaiknya gunakan isolatip bakar,berupa selongsong.
      untuk merapatkannya dipanaskan dg korek gas,dia akan rapat sendiri.
      tapi kalau posisi sambungan kabel sangat dekat dengan steker,sebaiknya ganti aja stekernya,jadi kabel bisa disambung didalam steker,gk perlu nyambung kabel lagi.

      Delete
  3. 1 lagi ya Oom...
    sy pengen bikin semacam rollkabel (tp gak usah di'roll') buat perpanjangan tempat colokan/terminal ke tempat yg dibutuhkan yg memang jauh dari colokan ti tembok yg bawaan dari PLN, bisa gak sy buat colokan ditengah2 perjalanan hehe maksudnya antara colokan tembok dan terminal akhir... Selama ini colokan yg lebih dari 1 kan semua ada di ujung kabel....
    Mohon petunjuknya ya Oom..
    Makasih banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk perpanjangan dari stopkontak tembok,bisa pake stopkontak kabel,bentuk fisiknya mirip dengan steker,bedanya ada lubang untuk colokan steker.
      istilah gampangnya steker laki dan steker perempuan.
      demikian jawaban saya,semoga membantu.

      Delete
  4. ikut nanya dong, bahaya gak kalo nyambung kabel 5 hkabel sekaligus? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. umumnya kabel listrik berisi 2 atau 3 kabel,tapi kalau 5 kabel,itu kabel apa ya?
      pada dasarnya asal sambungan terpisah(tidak sejajar/berdekatan),tidak masalah.
      atau maksud agan 1 sambungan berisi 5 kabel?

      Delete
  5. terimakasih baanyak gan artikel nya sangat bermanfaat sekali

    salam Rajalistrik.com

    ReplyDelete
  6. Om saya mau tanya, saya punya alat inverter dari colokan lighter rokok di mobil utk bisa ke menjadi listrik 220v nah itu kabel nya kan pendek, pas saya potong trus sambung lagi kok gak bisa nyala ya? Padahal cuma ngetes dulu, kabel nya di putus trus disambung lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan,saya gk mudeng.
      kabel itu kabel untuk apanya ya,soalnya belum pernah lihat alatnya.

      Delete
  7. waaah.....ini ilmu yang bermanfaat, selama ini saya kalo nyambung kabel selalu sejajar......thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas apresiasinya gan.

      Delete
  8. Kak kalau cara benerin kabel catokan gimana kak ? Rusak nya di bagian pangkal kabelnya (hard protective sheath) kyk robek gitu

    ReplyDelete
  9. catoknya harus dibongkar dulu,kabel yg robek dipotong dan konek langsung ke board.

    ReplyDelete
  10. Met siang gan, sy nyambungin Kabel kecil ke Kabel besar koq gan ada arus listrik yg ngalir yah? mohon solusi trmksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. keterangannya masih kurang,gan.
      kedua kabel masing-masing ukuran berapa?
      jenis kabelnya serabut atau tunggal?
      bahan kabelnya tembaga atau aluminium?
      dipakai untuk beban apa?
      umumnya,kabel kecil akan kalah,dia akan meleleh pada sambungannya.
      perhatikan juga bebannya,kl kabel kecil digunakan untuk beban besar,mesin air misalnya,jelas tidak sepadan,kabel akan panas.
      harus diperhatikan juga,kabel yg tidak sesuai dengan beban,dapat menjadi penyebab kebakaran.
      tetap berhati-hati,gan.

      Delete
  11. Anonymous6:04 PM

    Terima Kasih sangat bermanfaat..��

    ReplyDelete
  12. Numpang tanya om. Kabel instalasi bawaan perumahan pake kabel ukuran 1.5 mm. Kira2 masih aman ga klo dpake buat AC, mesin cuci, lemari es dll. Satu lagi om. Mengenai arde, saya cek pas keluar dari sekering (sekarang saya ganti MCB breaker) masih pake arde, tapi di pertengahan dah ga ada ardenya. Misal stop kontak yg tidak pake arde, saya ganti dg paku yg ditanam di tembok aman ga? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  13. kabel bekas perumahan biasanya cukup bagus,jd tidak masalah kl digunakan utk AC,kulkas.
    asalkan masing2 dicolok stopkontak tersendiri/tidak boleh digabung.
    arde sebaiknya ditanam ke tanah agar pembuangan listrik induksi sempurna.

    ReplyDelete
  14. mau nanya pak.
    kalau kabel untuk 450/700V saya gunakan untuk menyalakan 2 lampu sorot LED 50watt, apakah itu berlebihan?
    dan saya rencananya menggabungkan 2 lampu tsb menjadi 1 kabel saja (jadi ada 3 sambungan kabel) apakah itu aman?
    makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah gan,malah lebih aman.
      Kl dibilang berlebihan,memang iya. :)

      Delete
  15. Bang di kontrakan saya hanya ada satu colokan listrik. Apa bisa untuk dipakai kulkas,tv, dan kipas angin sekaligus ?
    Mohon jawabannya

    Terima kasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya bisa aja,tetapi kwalitas stop kontak akan menurun seiring waktu,inilah yg berbahaya.
      Sebaiknya untuk kulkas,dibuatkan stop kontak sendiri.

      Delete
  16. gimana cara menyabungkan kabel spiker usb yg sudah putus gan?, tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel spiker usb gk perlu perhatian khusus,tinggal sambung aja.

      Delete
  17. Halo salam kenal gan?..mp saya mu tanya nih?..kabel tupur dari kwh ada 3.yaitu negatip,positip sama gron.kira2 kalo kabel gron tidak di pake kendalanya apa gan?..mohon jawabanya gan tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel ground tufur sebagai pengaman dari sambaran kilat,agar langsung terbuang ke bumi.
      Ini tentu mengamankan peralatan listrik dari kerusakan.

      Delete
  18. Jadi aman nih bungkus sambungan instalasi pake heat shrink? Soalnya kalo pake lasdop saya pikir kurang rapi

    ReplyDelete
  19. kalo untuk kabel mesin cuci yg terlelupas ada tips g gan??
    krna rentan terkena air

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel apanya,gan?
      Kabel steker atau instalasi?
      Kabel steker umumnya sudah terlindung dengan baik.
      Sedangkan kabel instalasi,dari pabrik sudah dibungkus rapi pake plastik.
      Kl mesin cuci agan tidak ada plastik pembungkus,pake aja plastik kantong kresek,saya biasa begitu.

      Delete
  20. boss mau tanya kalo kabel Merk XXX 2C x 1.5F apa bisa saya jadikan untuk instalasi listrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak tau merk XXX bagus atau tidak.
      Yg perlu diperhatikan,apakah ukuran kawatnya sesuai atau tidak dg ukuran yg tercantum.
      Saya pernah menemukan kabel,ukuran yg tertulis di kulit 1,5 mm,tp dilihat fisiknya,terlihat lebih kecil,beda dg merk eterna,fisiknya sesuai dg tulisan di kulit kabel.

      Delete
  21. Kalo stop kontak besi di bawah ketekannya di tutupin sm lem lilin bisa apa ngak ya ???

    ReplyDelete
  22. Klo pakek lem tembak bisa gak gan

    ReplyDelete
  23. Anonymous10:35 PM

    untuk sambungan jalur kabel listrik baik kabel induk atau sambungan ke stop kontak, saklar atau ke lampu, lebih bagus pakai lilit atau pakai terminal blok krustin, atau terminal blok lainnya, makadih atas jawabannya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang bisa bantu jawab, pertanyaannya sama dengan saya

      Delete
    2. Sambungan kabel dengan cara dililit dan diisolasi adalah cara yg murah dan efektif gan.
      Sedangkan penggunaan terminal,biasanya utk penyambungan kabel dalam panel,tujuannya tentu agar terlihat rapi dan memudahkan penelusuran jika terjadi masalah.
      Bayangkan kalau dalam panel sambungannya dililit,pasti terlihat semrawut.

      Delete
  24. Slmt sore gan.mau tanya sy pnya kulkas 2 pintu merk Polytron trus kabel stop kontaknya putus trus sy sambung lg .itu masalah ga gan.yg ke 2 kulkas sy sdh 2 thn tidak dipakai klu mau dihidupin gmna ada masalah tdk.trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gk masalah,asal sambungannya tidak sejajar seperti contoh di gambar.

      Delete
  25. Colokan kabel kulkas saya terbakar. Bagaimana solusi nya mas? Apakah bisa dipotong dan diganti dengan colokan biasa yg ber-SNI? Masalahnya, klo dipotong kabelnya jd sedikit pendek. Jd agak susah nyolokin ke sumber listrik. Apakah boleh saya membuat kabel ekstensi dr stopkontak utama di dinding? Saya rencananya pakai kabel tunggal yg tebal yg terpisah (merah dan hitamnya beli terpisah) dan stopkontaknya tunggal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel serabut ukuran 2×2.5 mm jg aman gan.

      Delete
  26. Met sore min,saya baru beli kulkas,tapi bingung gimana pasang colokannya,soal nya kabelnya serabutan takut konsleting nantinya,,kata yg penjual kabelnya harus diganti dg ya agak besar.

    ReplyDelete
  27. assalamualaikum min gimana cara nyambungin kabel antena parabola ,trimakasih

    ReplyDelete
  28. nice info, jadi tahu cara nyambungin kabel dengan benar

    ReplyDelete

Share

Widgets

random

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Powered by Blogger