GULUNG DINAMO KIPAS ANGIN | BALGEN

GULUNG DINAMO KIPAS ANGIN

Sudah banyak blog yang membahas tentang cara menggulung dinamo kipas angin.

Dan posting saya ini untuk melengkapi informasi tentang cara menggulung dinamo,berdasarkan pengalaman saya sebagai tuser(tukang service)kipas angin dan elektro.
Semoga dengan ilmu saya yang sedikit ini,dapat bermanfaat dalam usaha mencari rezeki.

Sebelumnya kita siapkan dulu alat-alat yang diperlukan;

PERLENGKAPAN

           -Mesin gulung dinamo.

mesin gulung dinamo
bentuk mesin gulung.


Dipasaran ada 2 jenis mesin,yang menggunakan jarum dan angka sebagai penghitungnya.
Saya lebih suka yang memakai angka,karena lebih praktis dalam pemakaian.

Mesin yang ada di pasaran,tidak menyediakan dudukan untuk lilitannya,jadi harus dibuat sendiri.
Caranya lihat pada bikin dudukan di mesin gulung.

           -Tembaga.

tembaga untuk gulung kipas



Yang sering dipakai biasanya kawat 012,015,018.
Kawat 020 jarang,hanya untuk kipas-kipas tertentu.

           -Solder+timah.

Untuk mematri kawat dengan kabel.

           -Mika/prespan.

 
prespan atau mika
Ditempatkan dilubang alur,gunanya mengisolasi lilitan dari besi kern.
Lihat cara membentuk mika.

          -Mika kertas

Berwarna hijau,gunanya sebagai penyekat antara kumparan runing dan starting agar tidak bersentuhan.

        -Selongsong kabel.

selongsong kabel



Gunanya untuk isolasi kawat yang telah disolder ke kabel.

           -Benang bangunan.

Untuk mengikat lilitan yang telah selesai dimasukkan ke kern.

           -Lakban kertas.

Untuk mengunci lilitan yang telah digulung,agar diameternya tidak berubah.
Jangan menggunakan lakban plastik,karena tidak menempel kawat dengan sempurna,dan akan menyulitkan saat dipasang di kern.

           -Sumpit/bambu(optional).

Gunanya sebagai alat bantu untuk memasukkan kawat kedalam lubang alur.

 SKEMA KONEKSI KAWAT

skema kipas angin
skema gulungan sederhana


Secara sederhana,gulungan kipas hanya terdiri dari lilitan utama(running) dan lilitan bantu(starting).
Dan masing-masing dibuat 4 lilitan,tujuannya untuk membentuk kutub-kutub Utara-Selatan-Utara-Selatan.
Saat arus listrik masuk kumparan,pada plat kern akan timbul induksi magnet yg akan menarik dan mendorong rotor,sehingga berputar.

Untuk mengatur kecepatan,ditambahkan lilitan speed.

skema lengkap kipas angin
skema gulungan kipas




JUMLAH LILITAN

Gulungan kipas untuk tiap merk,berbeda jumlah lilitannya.
Untuk memudahkan,dibuat standar saja tergantung kern dan diameter kawat.
Jika anda penasaran ingin mengetahui jumlah persis dari kumparan,silahkan baca cara menghitung lilitan.

bentuk kern kipas
model kern kipas


Merk panasonic menggunakan kawat 018.
Running 700 lilit.
Starting 450 lilit.
Low dan medium masing-masing 150 lilit.

Maspion 
Running 700 lilit(kawat 018)
Starting 450 lilit(kawat 015)
Low dan medium @ 150 lilit(kawat 015).

Cosmos dan miyako
ada 2 model alur.
Alur besar(mirip maspion),gunakan kawat 015 untuk semua lilitan.
jumlahnya sama dengan maspion.
Alur sedang,menggunakan kawat 012.
Running 900 lilit
Starting 650 lilit
Low dan medium @150 lilit.

Untuk kipas cina juga ada 2 model,alur sedang dan alur kecil.
Alur sedang sama dengan diatas,sedangkan alur kecil menggunakan kawat 010 dan jumlah lilitan sama dengan atas.
Biasanya yang memakai kawat 010 kurang awet,karena over heat(timbul panas berlebih).
Panas berlebih bisa timbul karena;
   -Baling-baling yang digunakan terlalu berat.
   -Kapasitor yang ukurannya tidak sesuai/lebih besar.
   -Jumlah kumparan kurang dari standar.

Untuk kawat 010 kapasitor yang digunakan ukuran 1mF/1,2mF.
Itu sebabnya kebanyakan baling-baling kipas cina ringan,sampai konsumen tidak merasakan angin dari kipas,atau kalaupun anginnya kencang,tetap merasa gerah.
Pengalaman saya,kipas dengan alur kecil saya paksakan menggunakan kawat 012.
Tujuannya agar gulungan lebih tahan panas,akibat dari hal-hal diatas.

MENGUKUR PANJANG KAWAT

Sebelum mulai menggunakan mesin,kita ukur dahulu panjang kawat 1 lilit,agar tidak terlalu lebar(boros kawat),juga tidak terlalu sempit(hingga menyulitkan saat memasang gulungan bantu).
Rumusnya;ukur panjang alur 1-4 dan lebar(ketebalan kern) dengan 2P+2L+2cm.
 Untuk panasonic dan maspion,2P+2L+3cm,karena gulungannya tebal,sulit ditekuk keluar jika hanya ditambah 2cm.
Untuk lebih jelasnya,perhatikan gambar;

cara mengukur panjang kawat gulungan
alur 1-4



 panjang kern dari alur 1 ke alur 4 adalah 3,5cm.

cara mengukur lebar kawat gulungan
mengukur tebal kern

lebar kern 1,5cm.
karena ini kern kipas cosmos,maka rumusnya 2P+2L+2=2(3,5)+2(1,5)+2=7+3+2=12cm.
Pada daftar panjang kawat,angka 12 cm berada pada 12,5 cm.(lihat disini)..

Setelah diketahui panjangnya,atur dudukan kawat sesuai lubang yang telah dibuat.

MULAI MENGGULUNG

Pertama yang digulung lilitan low 150 lilit,buat 4 buah gulungan.
Tandai ujung awal pakai lakban kertas,dengan nama L1,ujung akhir dengan L2.
Kedua,lilitan medium juga 150,digabung dengan lilitan low.
Ketiga,lilitan starting,beri nama S1 & S2.
Hasilnya seperti ini;
menggulung kawat kipas
berhubung kawatnya tidak kelihatan,menggunakan garis edit

 Catatan;lilitan low dan medium dapat anda gulung bersamaan,karena jumlahnya sama.

Setelah selesai,lepas gulungan untuk memulai lilitan terakhir,running.
Sama seperti diatas,ujung kawat diberi nama R1 & R2.
cara menggulung kawat gulungan kipas angin
memberi nama pada ujung kawat


Sekarang tinggal memasukkan gulungan ke kern.
Bagi pemula,bagian ini paling sulit,tapi kalau sering berlatih,nanti akan mahir juga.
Ingat pepatah,"BISA KARENA BIASA."
Catatan;jika anda sudah mahir,anda tidak perlu memberi nama pada kawat-kawatnya,cukup ukur dengan multi tester.
Jika sering berlatih,anda akan tahu perbedaan resistan kawat-kawatnya.

SKEMA GULUNGAN DI KERN
  
skema pamasangan kawat di kern



Agak sulit mendeskripsikan cara memasukkan gulungan kedalam kern,jadi saya jelaskan lewat gambar saja ya.

cara memasukkan gulungan di kern
gunakan 2 tangan,memasukkannya diurutkan sedikit-sedikit

cara memasang gulungan utama di kern
gulungan bantu(starting)telah masuk

gulungan bantu
seluruh gulungan bantu(starting)telah masuk,


cara memasukkan gulungan utama
gunakan 2 tangan,hati-hati jangan sampai tersangkut di besi kern

cara memasukkan gulungan kipas
1 gulungan utama telah masuk.


menggulung dinamo kipas
seluruh gulungan utama telah masuk.


MENYAMBUNG KAWAT

Setelah sekian lama,akhirnya saya berkesempatan menyambung artikel ini yang lama sekali tertunda.
Kali ini pembahasannya mengenai menyambung kawat-kawatnya,setelah semua kumparan masuk ke kern.
Kawat yang keluar dari kumparan,berjumlah 8 helai,masing-masing diberi nama;
-R1<--->R2,
-S1<--->S2,
-M1<--->M2,dan 
-L1<--->L2.

gulungan dinamo kipas
pemberian nama pada ujung kawat
 

Urutan menyambung kawatnya seperti dibawah ini;
 -R1 dengan L1 ----->untuk speed tertinggi,
-L2 dengan M1----->untuk speed menengah,
-M2 dengan S1----->untuk speed rendah,
-R2                  ----->untuk line(terhubung langsung ke kabel listrik dan kapasitor),
-S2                 ------>untuk starter(terhubung ke kapasitor).

Cara menyambung kawatnya adalah dililit terlebih dahulu sampai agak panjang(+/-3cm),tujuannya agar saat diikat ke kumparan,tidak terlalu pendek,lalu bagian yang akan disolder di bakar dan amplas sampai bersih,dan dililitkan ke kabel untuk disolder.
Standar warna kabel saya adalah dari yang paling gelap ke yang paling terang.
Jadi kalau misalkan kabel-kabelnya berwarna biru,putih,merah,hitam,saya urutkan seperti ini;
-Hitam untuk line/R2,
-Biru untuk speed tertinggi/R1+L1,
-Merah untuk speed menengah/L2+M1,
-Dan putih untuk speed terendah/M2+S1.
Sedangkan kabel untuk kapasitor(yaitu dari S2 dan R2),tidak ada perhatian khusus,seketemunya saja,karena dipasang bolak balik tidak masalah.

Setelah semua kawat telah disolder ke kabel,bungkus solderan dengan selongsong,agar terisolasi dengan baik.
Harap diingat,pasang prespan kertas diantara kumparan bantu dan kumparan utama,tujuannya agar tidak terjadi gesekan arus,hal ini bisa mengakibatkan lapisan email terkelupas dan korslet.
Karena saya pernah mengalami satu titik temu antara gulungan runing dan starting ada percikan api.
Sejak saat itu,saya selalu memberi batasan di antaranya.

Setelah prespan terpasang,ikat kabel-kabel menggunakan kabel ties,tujuannya untuk mengamankan kawat yang disolder,karena rentan putus,dan juga agar tidak mengganggu saat proses mengikat kumparan dengan tali bangunan.

Jika semua proses telah selesai,periksa kumparan,harus rata/tidak menonjol dengan dinding bagian dalam kern,agar saat memasukkan rotor,tidak terganjal oleh kumparan yang melebar kedalam.
Meratakannya cukup ditekan dengan tangan,bila sulit,dipukul-pukul secara perlahan menggunakan gagang palu,atau kayu yang penampangnya tidak terlalu tajam.
Sekarang waktunya percobaan.

Bila telah terlatih,anda dapat membuat standar sendiri bagaimana gulungan kipas yang awet.
Demikian artikel tentang gulung dinamo kipas angin,semoga mudah dimengerti.
Jika ada bagian yang kurang faham,silahkan tanyakan di kotak komentar.

49 comments:

  1. Anonymous11:25 AM

    Pak,saya msh kesulitan masukin kawat ke kern.
    Masalahnya takut putus,hehehe.
    Ada cara yg mudah gk pak?terimakasih.

    ReplyDelete
  2. kebetulan diingatkan,sebetulnya ada alat bantu untuk memasukkan kawat kedalam lubang alur(optional sih,tapi penting juga),yaitu menggunakan kayu kecil,bambu lebih bagus,atau sumpit yang biasa tersedia direstoran,bentuknya cocok untuk pekerjaan ini.
    menggunakan kayu dengan alasan agar kawat tidak tergores saat ditekan masuk kedalam alur.
    terima kasih atas komentarnya,posting akan saya edit.

    ReplyDelete
  3. hady, pecinta elektro11:17 AM

    trima kasih mas sebelumnya atas artikel yang diulas sangat- sangat detail sekali. oh ya mas sekalian diulas gulung pompa airnya mas. trims banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga apresiasinya.
      mengenai gulung pompa air,mungkin nanti akan dibahas pada gulung dinamo mesin cuci.
      karena prinsipnya sama,hanya beda pada tingkat lilitan,jumlah lilitan dan diameter kawat.
      jika anda sudah paham menggulung dinamo mesin cuci,maka anda akan mudah mempelajari dinamo mesin air.

      Delete
    2. hady, pecinta elektro12:11 PM

      SAYA tunggu uraiannya gulung dinamo mesin cucinya mas. sekali lagi thanks

      Delete
    3. Anonymous5:43 PM

      mas tebal keren kipas beda2,misal tebal kern 1.5cm dan panjang 1 - 4 adalah 3,5cm ada juga tebalnya kern 2cm dan lubang kern 1-4 adalah 3,7 cm. untuk menghitung jumlah lilitan running dan starting apakah ada rumus untuk menentukan jumlah lilitan running dan starting yang kaitannya dengan tebal dan pajang lubang kern 1-4 tsb

      Delete
    4. wah,kita tidak main rumus gan,biar itu jadi urusan tim kreatif perusahaan,kita ikutin aja yang udah ada.
      Memang jumlah gulungan untuk tiap merk berbeda-beda,makanya saya coba standartkan untuk semua merk,agar kita tidak perlu selalu menghitung gulungan tiap kali mendapat pasien merk baru.
      Paling yang perlu disesuaikan diameter kawatnya.

      Delete
    5. mas berapa jumlah gulungan untuk kipas 55 watt, 33 watt, 45 watt yang beredar dipasaran

      Delete
    6. saya tidak sempat menghitung jumlah gulungan berdasarkan daya/watt,gan.
      yang terfikirkan saat ingin men-standart-kan jumlah gulungan adalah gulungan kipas merk apa yang awet dan tidak cepat panas,tujuannya agar konsumen puas dengan hasil kerja kita.
      Kalau soal watt/daya,rasanya tidak berbeda terlalu jauh,asal tidak sampai 100 watt,konsumen tidak ambil pusing,
      Jadi,kenapa kita harus pusing dengan perbedaan daya kipas yang ada di pasaran,betul gk gan hady?

      Delete
  4. Wah, mantap, luar biasa dan mengagumkan pak!
    Itu 4 gulungan nyambung semua kan pak?
    Pemasangannya setiap gulungan arah putarannya berlawanan kan?
    Itu ujung ujungnya ada 4 kan pak?
    Cara nyambung ujung ujung,nya yg sgt detail dong pak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaannya banyak juga mas trikey,sepertinya sedang semangat mempelajarinya ya,hehehe..
      Baiklah,saya jawab satu persatu.

      Ujung setiap kumparan adalah 2,ujung awal dan ujung akhir.
      Hanya pada kumparan dalam,ada 3 kumparan yang digabung,masing-masing adalah kumparan low,kumparan medium,dan kumparan starting.

      Pemasangannya berlawanan arah setiap kutub,agar menimbulkan medan magnet dengan kutub berbeda(tau kaidah tangan kanan dalam fisika?)

      Mengenai cara menyambungnya,akan saya jelaskan pada sambungan artikel,sekarang ini sedang sibuk dalam pekerjaan,harap maklum.
      terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  5. lelen4:33 PM

    ini jumlah running perkutub berapa?

    ReplyDelete
  6. maksudnya jumlah lilitan Running,gan??sudah dijelaskan diatas.....

    ReplyDelete
  7. intinya semua lilitan terhubung ( saling menyambung) hanya pada start menggunakam kapasitor pada ujung kawat bertanda s2 sesuai gambar diatas. mohon dikoreksi pak, pertama gulung sebanyak 4 bagian yg masing masing bagian berjumlah 150 lilit untuk low, kedua gulung seperti tahap pertama tadi untuk medium manun menimpa gulungan pertama. jadi ke empat bagian itu berjumlah 300 lilit setiap bagian terdiri dari gulungan low dan medium. tolong koreksi sampe disini pak. trus pertanyaan sy pak, setelah itu kita menggulung untuk starting, berapa jumlah lilit setiap bagiannya pak?
    apa gulungan starting ini menimpa gulungan low dan medium tadi?
    jika benar pernyataan sy, bararti gulungan low, mediun dan starting di pasang bersamaan di bagian sisi luar. lalu setelah itu baru pasang gulungan runing masing masing 900 lilit tiap bagian dibuat 4. nah disini sy kebingungan dgn penjelasan bapak dgn gambar bapak diatas. logika sy gulungan low dan medium jumlahnya 150 x 4 bagian menimpa (sama jumlah) lalu gulungan runing (bukan starting) juga menimpa low dan medium dgn jumlah 700 lilit/bagian buat 4 bagian. baru yg terakhir gulungan starting 900 lilt x 4 yg ujungx di pasang kapasitor dan menenpati kumparan dalam.

    ReplyDelete
  8. Untuk yang pertama,benar pak,gulungan low dan medium digabungkan,termasuk gulungan starting.
    Jadi satu gulungan itu terdiri dari low,medium,dan starting,dipasang bersamaan di sisi luar.
    Gulungan running dipasang di sisi dalam,
    Kedua,mengenai jumlahnya,gulungan low+medium+starting=150+150+450=750 lilit/bagian.
    Runningnya 700 lilit/bagian(untuk kipas maspion dan panasonic).
    Untuk selain maspion;150+150+600=900 lilit/bagian.
    runningnya=900 lilit/bagian.
    Semoga dapat dipahami.

    ReplyDelete
  9. Untuk menggulung mesin kipas meja 7 inch bagaimana caranya mas ? Ane bingung banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kipas meja yang kumparannya cuma 1 gulungan,bukan?
      kalau itu mudah,mas.
      tinggal gulung di kelosan plastik yang dimasukkan ke mesin gulung.
      Insya Allah nanti akan saya buatkan artikelnya,kipas tersebut saya kategorikan sebagai "kipas kecil".

      Delete
  10. mengulung dinamo bisa kerjakan dengan tangan ya? hebat bisa bikin kipas angin sendiri dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan,kan mesinnya diputar pake tangan,hehehe...

      Delete
  11. Mas, klo nyambung kapasitor dg kabel dinamo apakah hrs di solder, mhn feedbacknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kapasitornya,gan.
      kalo kapasitornya yg pake kabel,dililit aja,tapi kalo pake pin sebaiknya disolder.

      Delete
  12. Klo utk pompa air shimizu, ukuran standar ampernya brp mas, dan pengaruhnya apa klo lebih tinggi/rendah. Tanyanya Nambah ini mas.... gpp ya ?

    ReplyDelete
  13. Klo utk pompa air shimizu, ukuran standar ampernya brp mas, dan pengaruhnya apa klo lebih tinggi/rendah. Tanyanya Nambah ini mas.... gpp ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukuran standar ampere pompa air tergantung dari modelnya,karena banyak variasi.
      untuk mengetahui arusnya,lihat saja dayanya,bagi dengan tegangan,itulah arusnya,ampere satuannya ya.
      pengaruh arus lebih tinggi/rendah,itu artinya pompa dalam keadaan tidak normal/rusak.
      kalau arus lebih tinggi,pompa akan menarik arus lebih besar dari seharusnya yg berakibat mesin cepat panas berakibat mesin akan terbakar.
      kalau rendah,-ini jarang terjadi,-air tidak bisa naik/pompa tidak bisa mendorong karena kekuatan pompa kurang.
      demikian jawaban saya,semoga membantu.
      terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  14. Maaf mas,tadi dikatakan gulungan low medium dan starting tiap bagian berlawanan,lalu untuk gulungan runningngya berlawanan per bagian atau sama tiap bagiannya?makasih untuk konfirmasinya.surya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemasangan gulungan runing sama seperti gulungan low,medium dan starting,tiap bagian berlawanan jg.
      terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. Aku tanya apa bisa gulungan kipas angin kawat aluminium bisa diubah kawat lilitan tembaga,cara bagaimana ?

    ReplyDelete
  19. Maksud aku jumlah lilitan yang kamu tulisan bisa digunakan kawat aluminium diubah jumlah lilitan kawat tembaga pada tempatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikel ini membahas tentang cara menggulung ulang dinamo kipas angin,kawatnya bisa aluminium bisa juga tembaga.
      saran saya lebih baik menggunakan tembaga,karena kwalitasnya lebih bagus daripada aluminium,gan.

      Delete
  20. gan...bagaimana menentukan letak kern (agar pas tidak coba2). karena pernah sy coba ternyata putaran kipas terbalik (berlawanan arah jarum jam), dan stlh sy putar kern, baru didapat putaran yang diinginkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. permasalahannya bukan pada letak kern gan,tapi pada sambungan kawat runing starting.
      agan perlu melakukan trial and error penyambungan kawat,lalu dicatat.
      jika putarannya masih terbalik,coba dirubah sambungannya.
      itu yang saya lakukan hingga mendapat sambungan yg tepat dan saya jadikan standart,semoga bermanfaat.

      Delete
  21. Anonymous2:13 PM

    pak terimakasih atas artikelnya.
    saya mo tanya klau yang dimasukan pertama gulungan runing baru starting gimana pak ada pengaruhnya gak?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk masalah gan,saya pernah masang seperti itu.
      kalaupun ada pengaruh,mungkin tidak terlalu mencolok.

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Gan sy mau kursus gulung dinamo apakah bisa.klo bsa hub..darwinvgr25@gmail.com

    ReplyDelete
  25. Gan sy mau kursus gulung dinamo apakah bisa.klo bsa hub..darwinvgr25@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan,saya tidak buka kursus.
      disamping tidak ada waktu,tempat pun sangat minim.
      agan bisa cari tempat kursus terdekat lokasi agan,cari yg mengajari sampai bisa bukan hanya untuk dapat sertifikat.

      Delete
  26. Permisi pak.gulungan kipas angin ukuran 16 gulungan 800 untuk running dan starter+speed 800 lilitan.pertanyaan saya gulungan starter+speed untuk ukuaran kawat berapa?apakah tetap 0,15 atau 0,18?

    ReplyDelete
  27. kalau saya,tergantung merk,gan.
    kl merk maspion,starting 015 runing 018.
    sedangkan merk cosmos dan miyako,semua pake 015.

    ReplyDelete
  28. Permisi tanya pak?jika gulungan aluminium starter masih bagus dan gulungan aluminium running putus aku gulung pakai kawat tembaga.maksud aku gulungan aluminium starter tetap dan gulungan aluminium aku ubah pakai kawat tembaga.apa bisa berpengaruh dan panas?

    ReplyDelete
  29. bisa aja gan,tp gk jamin keawetannya.
    gulungan aluminium jg sulit disolder dg timah biasa.

    ReplyDelete
  30. Permisi pak.kalau lilitan kipas angin dari bahan aluminium lilitan lebih banyak dibandingkan lilitan tembaga.pertanyaan saya,apa tidak ada pengaruh lilitan jika gulungan diubah tembaga yang bapak tulis yang distandarkan?

    ReplyDelete
  31. tidak masalah,gan.
    saya sering mendapat gulungan dari aluminium dan saya ganti tembaga dengan jumlah lilitan seperti disebutkan di artikel.

    ReplyDelete
  32. Permisi pak.kenapa as kipas angin sudah dibersihkan dengan oli mesin jahit pak pakai dalam beberapa hari akhirnya macet dan tertahan berat?apa ada oli khusus supaya as kipas angin lancar putar selalu?

    ReplyDelete

Share

Widgets

random

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Powered by Blogger