Solusi buat garapan yg spare partnya sulit | BALGEN

Solusi buat garapan yg spare partnya sulit

Beberapa kali saya mendapat garapan service elektronik,terutama kipas, yg spare partnya tidak tersedia di toko.

Entah karena pabrikan tidak memproduksi,hanya dikhususkan untuk produk barang jadi?

Atau tokonya tidak berani menyediakan,karena kurangnya permintaan??


Terlepas dari kedua kemungkinan diatas,masih ada solusi untuk mengatasi ketiadaan spare part dari servisan yg kita garap.

Yg paling mudah adalah mengkanibal dari produk/merk lain yg ada kemiripan.

Beberapa spare part yg saya cari di toko dan tidak ada,ternyata tersedia di toko online.

Misalnya;

Gearbox deskfan RRT.

GEARBOX KIPAS ANGIN 9 INCH
girbox kipas 9 inch

Ketika mendapat servisan kipas deskfan RRT dengan kondisi gearbox meleleh,saya terpaksa tawarkan kepada user untuk menggunakan kipasnya tanpa gearbox,jadi tidak bisa geleng-geleng.

Alasan saya,karena spare partnya tidak tersedia di toko.

Sementara gear box yg banyak tersedia,untuk deskfan merk miyako,tentunya beda dudukannya.

Rata-rata user bersedia(mungkin dengan sedikit terpaksa),yg penting kipasnya masih bisa dipake.

Leher kipas angin.

LEHER KIPAS ANGIN TORNADO SEKAI 18 INCHI
leher kipas tornado


Untuk kipas angin yg sudah dikenal di pasaran,spare part leher memang banyak tersedia.

Tetapi kipas model terbaru,misalnya kipas tornado dengan berbagai macam merk,produk hanya tersedia di market place.

Leher kipas unik yg pernah saya temui adalah dari kipas merk sekai deskfan.

Video pengerjaannya bisa dilihat disini.

Karena baru lihat model leher seperti itu,saya pesimis kalau toko spare part menyediakan.

Tetapi untungnya,kerusakan leher hanya patah pada tiang dudukan as housing,jadi masih bisa diperbaiki dengan teknik cor memakai resin.

Gearbox panasonic.


GEARBOX KIPAS PANASONIC SET ORIGINAL
GEARBOX KIPAS PANASONIC SET ORIGINAL

Komponen ini termasuk yg sulit dicari,padahal kipas merk terbaik.

Untungnya,jarang yg punya,sehingga tidak harus hunting untuk stok komponen.

Di online komponen ini juga sudah banyak penjualnya.

Peralatan modifikasi.

Selain resin,untuk memodifikasi spare part saya menggunakan mini grinder.

Dengan mini grinder,saya bisa menyesuaikan spare part kanibal,seperti;

-memotong tiang dudukan as housing yg kepanjangan agar sesuai dengan as dudukan dinamo,

-melebarkan lubang  tarikan gearbox karena lubang cover dinamo beda posisi dengan tarikan gearbox.

Lem korea.

Untuk bahan ini,siapapun pasti memakainya.

Saya memakai lem ini untuk belt jaring yg sudah patah,lalu saya gunakan kembali untuk kipas ukuran lebih kecil.

Tetapi untuk baling-baling patah,saya tidak menyarankannya.

Karena putaran baling-baling yg kuat,bisa membuatnya patah kembali.

Itu saja yg bisa saya  sampaikan,jika ada perkembangan baru,artikel akan saya update.

Jika anda memiliki pengalaman seputar modifikasi,silahkan curhat di kotak komentar.


0 Response to "Solusi buat garapan yg spare partnya sulit"

Post a Comment

Share

Widgets

random

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Powered by Blogger