GAS KELUAR,API TIDAK MENYALA? | BALGEN

GAS KELUAR,API TIDAK MENYALA?


Suatu hari tetangga saya memanggil saya untuk memperbaiki kompor gas miliknya yang katanya tidak bisa menyala,padahal gas sudah keluar.
Hmm,ini pengalaman baru,karena saya belum pernah membongkar bagian pemantik kompor gas.

Tapi yah,saya terima saja walau gak tau penyebabnya,yang penting sudah tau prinsip kerjanya(meski masih samar),nanti juga ketemu.
Pertama saya coba nyalakan pemantiknya,ketika tuas ditekan memang terdengar suara mendesis tanda gas sudah menyembur.

Pemantik kompor gas
Sumber gambar:saintekindo.blogdetik.com

Setelah mentrigger pemantik,api keluar dari ruang pemantik,namun ketika tuas dilepas,api padam.
Pada kondisi normal,seharusnya setelah tuas dilepas api keluar dari lubang sprayer.
Akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa lubang sprayer tersumbat kotoran



Maka saya bongkar seluruh elemen di bagian sprayer,ternyata tidak terlalu rumit,yang penting di hapal bagian-bagian yang dilepas,agar saat memasang nanti tidak bingung.
Dan saat membersihkan kotorannya,sepertinya saya sudah memiliki pengalaman,yaitu saat membersihkan kotoran telinga,karena bentuknya agak mirip,hehehe (ups...maaf !!).


Pada bagian sprayer,saya membersihkannya menggunakan jarum pentul,dan ternyata disitu memang ada kotoran yang menyumbat.
Setelah semua bagian saya pasang kembali,tibalah saatnya "tes drive",dan Alhamdulillah kompor menyala dengan sempurna.
Untuk kerusakan pada bagian regulator,silahkan baca artikel kerusakan regulator.

Pelajaran dari artikel ini adalah,jika tidak mengerti akan sesuatu,jangan menyerah begitu saja.
Pelajari terlebih dahulu,karena segala hal dapat dipelajari,asal ada kemauan.
Segala macam kesulitan akan mengecil,jika kemauan belajar membesar.

6 comments:

  1. siip lah trims berguna sekali

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak mas infonya :D

    ReplyDelete
  3. Terimkasih mas
    Kompor saya persis kayak gini permasalahnnya

    ReplyDelete
  4. Terimkasih mas
    Kompor saya persis kayak gini permasalahnnya

    ReplyDelete
  5. Anonymous9:14 AM

    komporgas punyaku gas keluar tetapi ngga nyala, pakai korek api yang sebelah nyala tetapi yang sebelah tidak nyala, solusinya bagaimana para master, terima kasih.

    ReplyDelete
  6. Kompor gasku low di nyalakan,,gas yg keluar dari pematik terlalu bsar...itu bagaimana solusinya...

    ReplyDelete

Share

Widgets

random

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Powered by Blogger