BALGEN
Showing posts with label SERVICE. Show all posts
Showing posts with label SERVICE. Show all posts

Mesin cuci bisa rusak parah karena masalah sepele


 contoh kerjaan user sok tau

Ceritanya saya dipanggil user untuk memperbaiki mesin cuci 2 tabung.
Kasusnya bagian pengering tidak bekerja,padahal mesin cucinya masih baru,kurang lebih 3 bulanan.

DINAMO KIPAS MODEL PRESS BODY

dinamo press body merk cosmos
dinamo press body cosmos

Belakangan ini saya sering mendapatkan kipas angin merk cosmos dengan bentuk housing dinamo beda dengan yg lain.
Dinamo ini menggunakan sistem press body,jadi tidak membutuhkan baut untuk menutup rumah dinamo.

KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA BLENDER

kerusakan pada blender

Kadang-kadang user salah kaprah saat melihat blendernya bermasalah.
Hanya karena tercium bau hangus dan ada percikan api dari dalam blender,dia memvonis mesin blendernya rusak,padahal belum tentu.

BAGAIMANA MAGICOM MENANAK NASI?

cara rice cooker menanak nasi
sumber gambar;pixabay.com

Kira-kira ada yang penasaran gak sama cara kerja rice cooker mengapa bisa menanak nasi?
Sepertinya tidak ya,karena secara logika saja sudah hilang penasarannya,yaitu elemen rice cooker menghasilkan panas,dan itu berarti sudah mirip dengan kondisi menanak nasi pake kayu bakar waktu zaman nenek kita dahulu.

Tetapi,masih penasaran gak,kenapa rice cooker "bisa tau" kalau nasi sudah matang,lalu secara otomatis mematikan fungsi memasak dan beralih fungsi jadi menghangatkan?

KONSEP KUMPARAN STATOR BLENDER PHILIPS

konsep gulungan stator blender philips

Pertama kali melihat kumparan stator blender ini,agak bingung juga,karena ada kabel yang menghubungkan kumparan stator kiri dengan kumparan stator kanan.
Setelah diteliti lebih jauh,ternyata cuma seperti itu.

KERUSAKAN MESIN CUCI PADA SEAL PENYANGGA TABUNG PENGERING

seal pengering
seal pengering

Beberapa waktu lalu saya dimnta memperbaiki mesin cuci 2 tabung merk panasonic.
Menurut pemiliknya yang rusak bagian pengering,suaranya berisik glodak gladuk,"kayak orang berantem,"katanya. :)

GULUNGAN KIPAS BERTAHAN 2 TAHUN,ITU SESUATU BANGET

Sebenarnya saya tidak pernah memberi tanda pada kipas yang telah selesai digulung,namun entah mengapa tiba-tiba saja terlintas untuk memberi stiker,dan akhirnya saya jadi tahu kwalitas gulungan saya.

TIPS MERAWAT DAN MENGGUNAKAN KIPAS AGAR TAK GAMPANG RUSAK

tips merawat kipas

Setiap kali kedatangan tamu membawa kipas angin,saya perhatikan pada kawat pengaman dan baling-baling selalu terdapat tumpukan kotoran debu.
Hal ini memang wajar,karena kipas angin memang bertugas menghembuskan angin dan tentu ada saja debu yang ikut terbawa dan menempel.
Yang tidak wajar,bila tumpukan kotoran debu itu sangat tebal,bahkan hampir menutupi seluruh kawat pengaman.

MENANGANI KERUSAKAN THERMAL FUSE

kerusakan thermal fuse
sumber;electronix,com

Semua peralatan elektronik sekarang,terutama peralatan yang menghasilkan panas,rata-rata sudah menggunakan thermo fuse/thermal fuse.
Seperti kipas angin,mesin air,mesin cuci,blender,mixer,setrika,magicom,dan lain-lain.
Disamping bertujuan mengamankan mesin akibat over heating,thermal fuse pun menjadi nilai tambah dalam menjaring konsumen.

MENGAPA KIPAS BARU TIDAK DINGIN?

Ini pengalaman saya saat seseorang datang ke tempat saya mengeluhkan kipasnya.
Dia mengatakan kalau kipasnya baru beli seminggu,tetapi selama pemakaian,bukan rasa nyaman yang ia dapatkan,tetapi justru tidurnya menjadi tidak nyenyak karena merasa gerah,padahal berhadapan langsung dengan kipas.

MEMPERBAIKI BERBAGAI KERUSAKAN YANG UMUM TERJADI PADA DISPENSER

memperbaiki dispenser
everystockphoto.com

Dispenser merupakan perlengkapan elektronik agak vital dalam rumah tangga yang fungsinya sebagai tempat untuk meletakkan galon air sehingga mempermudah anggota keluarga dalam mengkonsumsi air minum,panas atau dingin.
Disebut agak vital,karena tanpa dispenser pun masih bisa mengambil air dari galon,meski agak merepotkan,terutama saat membutuhkan air panas.

APA PENYEBAB MESIN CUCI "NYETRUM"?


Entah sudah berapa orang ibu-ibu yang mendatangi saya mengeluhkan mesin cucinya yang katanya 'nyetrum'.
Sebenarnya bukan setrum aliran listrik langsung dari instalasi,tetapi hanya setrum akibat tidak ada grounding pada mesin cucinya.

CARA MEMPERBAIKI SETRIKA DAN MENYETEL PENGATUR PANAS



memperbaiki setrika
sumber;pixabay

Perkembangan model setrika yang pesat,dari yang hanya memberikan panas saja,sampai penambahan bermacam fitur,menuntut tuser untuk selalu meng-up grade ilmu mempelajari fitur-fitur baru tersebut.Bukan hanya pada setrika,semua barang elektronik pun akan selalu ada perubahan,baik fitur maupun model.
Untungnya,meski semua barang elektronik mengalami perubahan,namun tidak melupakan basic dari fungsi alat elektronik tersebut.

KIPAS TORNADO MERK MASPION

Artikel ini terinspirasi dari kawan facebook saya,JefryAns Al-irsyad yang memposting kasusnya di grup hobby tekhnis elektronika,yaitu kipas tornadonya gulung baru.
Atas izinnya,saya mengcopas hasil jerih payahnya berikut foto untuk saya posting di blog ini.

MEMPERBAIKI MAGICOM SISTEM DIGITAL

Ini pertama kalinya saya memperbaiki magicom yang menggunakan sistem digital.
Dan juga pertama kalinya tau kalau sistem digital telah memasuki perangkat penanak nasi.
Selama ini saya hanya menangani magicom sistem analog,jadi mumpung ada yang mempercayai untuk memperbaiki model digital,sekalian saja saya pelajari,karena prinsip semua peralatan(elektronik atau bukan),jika masih dalam satu kategori,akan memiliki prinsip kerja yg ada kemiripan.

SERVICE KIPAS ANGIN KECIL

Meski kecil,bukan berarti bisa dianggap sepele,kipas angin kecil juga memiliki segmen pasar tersendiri.
Bagi tuser,memperbaiki kipas angin kecil mungkin hanya selingan,dan hasilnya untuk uang jajan anak,hehehe.
Karena memang tidak bisa menarik ongkos tinggi,mengingat harga barunya yang tidak terlalu mahal.

GULUNG DINAMO EXHAUST FAN

gulung dinamo exhaust fan
Menggulung dinamo exhaust fan caranya tidak berbeda jauh dengan menggulung kipas pada umumnya.
Jika sudah mahir menggulung dinamo kipas,tentu akan lebih mudah untuk menggulung dinamo exhaust fan,karena tidak ada tambahan kumparan speed.

GAS KELUAR,API TIDAK MENYALA?


Suatu hari tetangga saya memanggil saya untuk memperbaiki kompor gas miliknya yang katanya tidak bisa menyala,padahal gas sudah keluar.
Hmm,ini pengalaman baru,karena saya belum pernah membongkar bagian pemantik kompor gas.

KIPAS ANGIN BALING-BALING BESI

baling-baling tornado fan
sumber;pixabay

Saat berjalan melewati pertokoan yang menjual barang elektronik,saya perhatikan setiap toko memajang kipas yang baling-balingnya beda dari biasanya,menurut penjaga toko baling-balingnya dari besi.
entah benar atau tidak,kalau dilihat sepintas sih mirip seng,tetapi kalau dipegang,terasa kekar.
Yah,disetujui saja deh,toh saya cuma nanya,bukan beli,hehehe.

MEMERIKSA KERUSAKAN KONEKSI KAWAT KIPAS ANGIN

memeriksa koneksi kabel kipas
sumber gambar:instructables.com
Sebelum mulai memperbaikinya,sebaiknya kita analisa terlebih dahulu dimana kerusakannya.
Jangan sampai,setelah semua dibongkar,ternyata kerusakannya hanya pada steker yang gak konek,hehehe.
Peralatan yang harus sedia pertama kali,tentunya multitester.

Powered by Blogger