Ganti bushing kipas angin dengan bearing,solusi agar kipas awet. | BALGEN

Ganti bushing kipas angin dengan bearing,solusi agar kipas awet.

ganti bushing kipas angin
from bushing to bearing



Kerusakan yang sering terjadi pada kipas angin adalah masalah pada bushingnya.
Yaitu kotoran yang menumpuk pada bushing yang mengakibatkan as sulit bergerak/macet.
Kotoran ini berasal dari partikel debu yang tersedot oleh udara yang ditarik oleh baling-baling dan menempel pada as.
Karena partikel debu yang menempel semakin banyak,lalu menumpuk dicelah as dan bushing,akibatnya bushing tergerus oleh kotoran tersebut,dan menjadi aus.


Karena itulah,kadang-kadang kita temui kipas angin yang pertama dinyalakan,tidak langsung berputar,tetapi menunggu beberapa saat sebelum kemudian berputar normal.
Ada sebuah kasus yang saya temui,kipas angin yang menunggu sampai setengah hari baru bisa berputar./
Sebenarnya ini sangat berbahaya,karena saat pertama start,namun tidak langsung berputar,gulungan berusaha mendorong rotor agar berputar.
Usaha gulungan mendorong rotor ini,memerlukan energi lebih besar.
Darimana energi besar itu didapat?
Energi itu berasal dari arus listrik yang meningkat tinggi,dan akan turun setelah rotor bisa berputar normal.

Arus listrik yang naik ini,dapat membuat email gulungan mengelupas,jika titik lebur maksimal email kawat tercapai.
Dalam jangka waktu lama,gulungan bisa short/korslet,bahkan ada kejadian,sampai menimbulkan api.

SOLUSI 

Dengan langkah sederhana,kita dapat menghindari kejadian diatas,yaitu melakukan perawatan berkala,misalnya dibersihkan sebulan sekali.
Namun tidak semua pengguna kipas sempat untuk melakukan ritual ini,atau sulit jika harus membersihkan bagian dalam dinamo,terutama area bushing belakang,karena harus bongkar gearbok yang buat user cukup ribet.

Pilihan kedua adalah mengganti bushing dengan yang berkwalitas.
Bushing yang berkwalitas ditentukan oleh bahan pembuatnya.
Bahan ini membuat bushing sulit digerus oleh kotoran.
Namun sayangnya,bushing dengan kwalitas bagus hanya ada pada kipas jadul,seperti sanyo,panasonic,dll.

Saya punya kipas jadul merk sanyo,dari pertama dapet belum pernah mengalami as macet.
Meski kotoran menempel disekujur tubuh dinamo,bahkan baling-baling dilumuri kotoran,tetapi tetap berputar normal.
Meski kadang-kadang tidak langsung berputar,tetapi tidak sampai setengah  hari menunggu.

Solusi terakhir adalah upgrade bushing ke bearing.
Beberapa merk kipas sudah menerapkan bearing sebagai pengganti bushing,seperti panasonic,sanken.
Tetapi mayoritas kipas masih setia dengan bushing.

Kita bisa meng-upgrade sendiri bushing dengan bearing,di youtube sudah banyak tutorialnya dengan berbagai teknik.
Dan disini saya juga memperkenalkan teknik saya dalam meng-upgrade bushing ke bearing,hasilnya lumayan bagus,karena saya terapkan untuk kipas milik pribadi.

Jika tidak ingin repot,anda bisa membeli dinamo kipas yg sudah dilengkapi bearing.
Silahkan klik pada gambar,untuk mengunjungi tokonya.


Beberapa teknik yang saya terapkan sudah saya buatkan videonya,anda bisa mempelajarinya di channel youtube saya.
Sebelum nonton videonya,silahkan anda subscribe channel saya,dan kalau ada yang ingin ditanyakan,silahkan ajukan di kotak komentar.

Video pertama,saya memakai resin untuk mengecor bearing.
Ini berlaku untuk housing model babet,linknya silahkan klik disini.

Video kedua,saya terapkan untuk dinamo model donat,linknya disini.

Untuk video ketiga,karena terlalu semangat meng-upgrade bearing,sampai dinamo yang baru saya beli juga saya ganti bushingnya dengan bearing.
Linknya silahkan klik disini.

Satu video lagi adalah kipas cosmos yang saya beli dari tukang sampah.
Berhubung dalam keadaan rusak mati total,untuk kipas ini saya buatkan sampai 3 video,yaitu perbaikan,upgrade bearing,dan video finishing.
Berikut linknya;

Pengalaman yang bisa saya bagi terkait cara upgrade bearing,adalah pertama kali coba memasang,saya gagal.
Kegagalannya adalah karena kurang presisi,sehingga rotor menyentuh dinding kern.
Setelah vacum beberapa lama,saya ketemu sebuah video tentang cara memasang bearing dengan teknik berbeda,saya coba praktek lagi.
Setelah beberapa kali eksperimen,saya berhasil memasang bearing.
Bahkan selama eksperimen tersebut,saya menemukan teknik sendiri.
Jadi buat anda yang masih gagal memasang bearing,jangan patah semangat,lalu berkata,"sudahlah,saya pake bushing aja,lebih cepat."

Dulu saya juga berkata begitu,sampai ketika mendapat servisan kipas tornado merk cosmos,menggunakan as 10 mm dengan kondisi mati total.
Setelah melakukan pemeriksaan,matinya akibat thermofuse putus.
Namun penyebab thermofuse putus ini adalah karena as kipas macet.
Penyakit ini memang sudah biasa,perbaikannya cukup bersihkan as,diamplas,ganti bushing 10 mm,beres.

Namun yang menjadi masalah,as dalam keadaan tergores parah.
Diamplas halus tidak menghilangkan goresan tersebut.
Jika tidak diganti,as ini bisa "memakan" bushing,dan tidak lama kipas akan kembali macet.
Masalah kedua,as 10 mm belum tersedia spare partnya.
Jika as tanpa alur derat,bisa diganti as dinamo pengering mesin cuci,seperti as kipas tornado merk regency,sementara as kipas tornado cosmos ini memiliki derat,yang berfungsi menggerakkan gearbok agar kipas bisa tengok kiri kanan.

Akhirnya saya terpaksa mengambil keputusan,harus modif bearing.
Untungnya,housing kipas ini model babet,jadi dudukan bushing ada dinding disekelilingnya,dan diameternya cocok untuk dipasangi bearing.
Anda bisa lihat videonya di link atas,housingnya mirip dengan housing kipas tornado cosmos ini.

Untungnya lagi,saya masih punya sisa resin,yang saya beli tujuannya buat nambal paralon air yang bocor.
Saat memasang bearing ini,saya tidak memakai tool apa-apa untuk menentukan titik centernya.
Berhubung diameter lingkaran dudukan bushing hanya lebih besar sedikit dari diameter bearing,saya cuma tambal dengan tisu sekelilingnya,lalu celah-celahnya siram resin.
Dan alhamdulillah,kipas bisa berputar sempurna,dan sampai saat ini belum ada komplain dari pemilik.

Semenjak itulah,saya mulai pelajari teknik memasang bearing dari video-video youtube,sampai akhirnya saya menemukan teknik sendiri dalam menentukan titik centernya.
Semoga cerita saya bermanfaat,dan menjadi inspirasi buat anda,selamat mencoba.

Video upgrade bearing terbaru saya adalah kipas angin merk sekai ukuran 18 inch.
Kipas ini memakai as 10mm,jadi bearing yang digunakan adalah yang diameter innernya 10mm.
Ada banyak merk dan type,yang saya gunakan adalah merk KNB dengan type 6000zz.
Produknya saya beli disini.
Sedangkan bearing 608zz,silahkan klik link disini.
Videonya bisa dilihat disini.


0 Response to "Ganti bushing kipas angin dengan bearing,solusi agar kipas awet."

Post a Comment

Share

Widgets

random

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Powered by Blogger