SERVICE KIPAS ANGIN | BALGEN

SERVICE KIPAS ANGIN

Diantara sekian macam service barang elektronik,service kipas angin adalah yg termudah.
Karena kerusakan yg dialami,tidak serumit barang elektronik lain.
Kerusakan yg paling parah,adalah pada bagian kumparannya(gulungan),dan kalaupun sudah menguasai tekhnik menggulung,kerusakan inipun akan menjadi mudah juga.



Sebelum membahas kerusakannya,kita bedah terlebih dahulu mesin dinamonya.
Bagian-bagian dari dinamo kipas angin adalah sbb;
  1. Rumah motor(sebagai dudukan kern)
    rumah motor.
    macam-macam bentuk rumah motor.
  2. Kern(untuk menempatkan kumparan,lubang-lubang yg melingkar untuk tempat kumparan disebut "alur")


    kern kipas angin.
    bentuk kern kipas.
  3. Rotor(magnet induksi,berputar karena ada induksi dari besi kern)
    rotor kipas.
    rotor kipas.
  4. As rotor(sebagai pegangan untuk baling-baling)
    as kipas angin.
    as kipas.
  5. Bosy/busing(terletak pada rumah motor)


    bosing kipas angin.
    bosing.
  6. Gearbox(bagian yg membuat kipas menghembuskan angin ke kiri dan ke kanan)
    gear box kipas angin.
    macam bentuk gear box.
Kerusakan pada kipas angin


Pada kipas angin,kerusakan yg dialami hanya satu,kipas tidak berputar seperti biasanya,penyebabnya yg macam-macam.
Beberapa penyebab yg membuat kipas tidak berputar adalah;

-Bosy kemasukan kotoran.
Cirinya kalau baling-baling diputar dengan tangan terasa berat(ganti bosy).

-Bosy telah aus.
Cirinya kalau dinyalakan mesin mendengung dan jika baling-baling diputar,akan berat sekali.
Kalaupun bisa berputar,mesin dinamo akan mengeluarkan suara yang cukup mengganggu waktu tidur.
Tetapi kalau dalam keadaan mati/off,baling-baling diputar dengan tangan,berputar lancar(ganti bosy).

-As telah aus.
Setelah mengganti bosy,perhatikan fisik as pada bagian yang menyentuh bosy,apakah ada garis-garis halus?
Jika ada,gosok dengan amplas halus lalu cek raba sampai permukaan itu terasa halus.
Kalau didiamkan,garis-garis itu akan menggerus bosy sehingga bosy akan kembali aus,dan bosy yang aus juga akan menggerus as sehinggga garis-garisnya bertambah dalam.


-Capacitor lemah/mati.
Cirinya,putaran kipas pada speed tertinggi seperti speed terendah.biasanya,speed terendah baling-baling tidak berputar,hanya mesin yg mendengung.
Sedangkan kalau capacitor mati,mesin mendengung dan baling-baling tidak berputar,jika baling-baling diputar dengan tangan,terasa ringan(ganti capacitor).

-Kumparan/gulungan lemah atau terbakar.
 Gulungan lemah bisa disebabkan karena tembaga yg kurang bagus,atau faktor usia.
Saya sering menjumpai gulungan yg menggunakan kawat aluminium,bukan kawat tembaga,biasanya pada kipas murah meriah.
Produsen yg menggunakan kawat aluminium,mungkin karena faktor ekonomis,karena tentu harganya lebih murah daripada kawat tembaga,otomatis harga kipas jadi lebih murah.

Tapi,jeleknya kawat aluminium,lebih mudah diserang jamur,yg mengakibatkan korslet dan akhirnya gulungan terbakar.
Sebagai catatan,tidak semua kipas yang menggunakan kawat aluminium cepat rusak,ada juga yang awet.
Perbandingannya mungkin sekitar 1:10 atau 1:100.

Gulungan lemah biasanya dapat diatasi dengan cara melapisi gulungan dengan cairan vernis.
Kalau cara ini tidak bisa menolong,lebih baik digulung baru saja.
Sedangkan kalau gulungan terbakar,yaa...mau diapain lagi....gulung aja langsung.
Mengenai cara menggulung dinamo,silahkan baca artikel gulung dinamo kipas angin..

-Tips
Beberapa merk kipas sekarang,pada gulungannya telah dilengkapi dengan fuse temperatur/thermal fuse.
Gunanya untuk melindungi gulungan/kumparan dari terbakar karena panas berlebih.
Panas ini timbul akibat akibat gesekan putaran as dengan bosy yg telah kotor,atau bisa juga gulungan/kumparan memang akan terbakar.

Posisi thermalfuse ini terletak pada ikatan kabel dengan kumparan(menempel pada kumparan,tujuannya untuk mendeteksi panas pada kumparan).
Bentuk umumnya seperti resistor,namun ada juga yg kotak.
Ciri-ciri kerusakan thermalfuse,saat kipas dinyalakan,dinamo tidak ada reaksi(mendengung),dan steker di cek dengan avo meter(pada skala X1K),jarum tidak bergerak.

Mengganti thermalfuse dengan yg baru,tidak menyelesaikan masalah.
Karena thermalfuse itu sifatnya sebagai peringatan/warning,ada bagian yang harus diperbaiki.
Jika kerusakannya pada kumparan,dia tetap akan terbakar meski thermalfuse diganti,atau akan putus lagi,jika penyebab panas belum diperbaiki.

Selama ini saya tidak pernah mengganti thermalfuse dengan yg baru,melainkan langsung saya sambung saja kaki-kakinya,setelah itu ditest apakah gulungan tetap normal atau justru terbakar.
Pengetesan dilakukan setelah spare part yang bermasalah telah diganti.
Kalau selama seharian tidak terjadi apa-apa,berarti derajat fuse itu terlalu rendah nilainya dari maksimal panas yg dihasilkan kumparan.

Tapi saya tetap menyarankan,sebaiknya thermalfuse tetap terpasang,baca artikel menangani thermalfuse.
Cari thermalfuse yg derajat temperaturnya sama atau lebih tinggi sedikit dari sebelumnya.
Agar kipas angin tidak cepat rusak,sebaiknya kipas angin tetap dirawat,baca tips merawat kipas.
Jika masih ada ulasan yang kurang,silahkan kritik dan sarannya di kotak komentar.



162 comments:

  1. Anonymous7:45 PM

    pak punya tutorial cara menggulung ulang dinamo kipas angin???

    ReplyDelete
    Replies
    1. tutorial yang dimaksud telah saya posting.
      silahkan baca di http://balgen.blogspot.com/2013/05/gulung-dinamo-kipas-angin.html.

      Delete
  2. Anonymous12:21 PM

    saya mau tanya ,kalo dinyalakan tak ada bunyi sama sekali,tapi kalo off,diputar2 g apapa itu bagaimana ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa kemungkinan;
      -fuse temperatur putus,
      -kawat tembaga ada yg putus,
      -solderan jelek pada koneksi kawat dan kabel,
      -atau kumparan berjamur.

      cek dulu kumparan dengan teliti,kalau kumparan masih mulus,cek fuse yg berada di ikatan kabel dg kumparan,hati2 membongkar ikatannya,karena rentan putus.
      maaf,balasnya terlalu lama.

      Delete
  3. makasih sharingnya semoga memberikan manfaat kebanyak orang, mas saya mo nanya busy itu yg kayak apa ya, soalnya saya mengalami seperti yg mas ceritakan ketika ditancapkan cuma mendengung ga mau langsung berputar bisanya kalau dibantu tangan hehe atau kalau boleh bisa disertakan dengan gambar biar lebih mudah mencernanya. eiya busy beli dimana ya.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk busing ada beberapa macam,tetapi yg sering digunakan yg bulat seperti kelereng,terlindung didalam kaleng.
      posisinya didepan dan dibelakang rumah motor.
      gunanya sebagai pegangan as,agar tetap central.
      kalau putaran kipas harus dibantu dg tangan,kemungkinan besar as atau busing sudah aus.
      apakah putaran baling2 normal kencang?
      kalau normal,maka as atau busing minta ganti.kalau putaran lambat,coba ganti dulu capasitor.

      Delete
  4. om, lilitan tembaga saya cuman putus dua helai. apa tetep harus ganti satu gulung kah? atau ada alternatif yang lebih murah dan mudah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung disambung kalau cukup ruang untuk disolder.

      Delete
  5. Anonymous7:40 PM

    1. Om kalo misalnya kwat 0,20 jerman itu kn kepepet gag ckup bwt kumparan speednya trus dicampur sma kwat 0,18 biasa...tpi yg muter kn speed 1 kencang(kwt 0,20) kok speed 2 & 3(kwt cmpur 0,18+0,20) gag bisa muter?
    2. Kalo gag bisa muter kn kabel speed 2&3 nganggur, saklar speed 123 di body tak smbung ke speed 1 smua gpp ta?
    Kasih solusi bwt nambah ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.saklarnya gk konek kali...
      kenapa kawatnya dicampur?
      kalau bisa pake 0,18 gk usah pake 0,20(kecuali lubang alur mesinnya mensyaratkan pake 0,20).
      jadi,demi efisiensi pake aja 0,18.
      untuk kipas maspion,biasanya pake 0,18 untuk running,dan 0,15 untuk starting dan speed.
      2.speed 1,2,3 tujuannya untuk pilihan konsumen mau angin yg bagaimana.
      bisa aja semua pilihan speed dijadikan satu jadi yg tercepat(speed 3),asal kabel speed 1&2 dilepas.
      tp lebih baik speed 1&2 tetap difungsikan,biar gk masuk angin,hehehe....

      Delete
  6. Ni kpas ane klu start lgsung speed 3 klu 1 gk mw muter

    ReplyDelete
  7. cek bosing dan as,msh mulus gk?
    Biasanya bosing udh agak aus.
    atau as udh 'kemakan',ditandai dg garis2 melingkar di area yg menyentuh bosing.
    Coba diamplas dulu dg amplas yg halus,lalu cek raba.
    Kl dirasa udh mulus,bs dipasang.tp kl diraba msh agk kasar mski sedikit,lebih baik ganti baru aja.krna bs merusak bosing nantinya.

    ReplyDelete
  8. Maaf sebelunya.. sekedar saran aja nih Gan... menurut ane, buat yg paham soal service elektonik sih artikel agan sudah cukup jelas.. tp buat yg masih awam and gak pernah makan bangku sekolah yg berhubungan ama setrum gini mana bisa paham klo gada gambarnya... Mohon artikel selanjutnya dikasih gambar donk Gan... Ane pingin banget nih bisa belajar service dari blog agan... Terims................. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan masukannya.
      Sebenarnya saya udh sertakan gambarnya,tp mungkin waktu edit artikel,gambar2nya saya hapus dan lupa masukin lg.
      Untung agan komentar,jadi saya inget.
      OK gan,insya Allah nanti saya edit lg.

      Delete
  9. pak, apa penyebab dinamo kipas angin cepat panas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan bosing agak kotor,sehingga putaran as agak berat.
      cek dalam keadaan off,lalu baling-baling diputar,apakah putarannya lancar atau berat?
      jika pernah ganti gulungan,kemungkinan jumlah lilitan kurang dari yang seharusnya.
      bisa juga baling-baling ditukar dengan yang tebal,hal ini menyebabkan mesin akan bekerja ekstra keras karena beban dari baling-baling,sehingga gulungan akan menarik arus lebih besar.
      rata-rata kipas yang menggunakan baling-baling ringan adalah kipas cina.

      Delete
    2. pak cara memperbaiki Gear Motor yg rusak gimana ya kipas saya ga bisa nengok kanan kiri kalaupun bisa nanti macet dan bunyi seperti putarannya tertahan,

      Delete
    3. kemungkinan roda gir puller udh aus,ganti puller atau ganti gearbox satu set.
      kalau mau beli,sebaiknya bawa contoh dan sebutkan merk.

      Delete
  10. assalamu alaikum bang,saya imam.mau tanya ni soal kipas angin sya yg rusak.bushing dan kapasitor udah saya ganti baru.tpi kipas nya blum bsa mutar,sped 1,2 ga ada respon pada di namo,tpi kl sped 3 cuma getar,itu rusak dimananya bang tolong penjelasan nya.trmakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah mengganti bosing,posisinya harus dibuat central,yaitu putaran as harus lancar.
      caranya,pasang semua bagian lalu ketok rumah motor dengan kayu kaso.
      tidak usah terlalu keras,cukup 1 kali lalu putar as dengan tangan.
      jika masih berat,ketok lagi sampai putaran as lancar.

      kalau speed 1&2 gak ada respon,sepertinya ada kawat yang putus.
      mungkin saat membongkar ada kawat yang tersangkut,periksa dulu dengan teliti terutama bagian dalam gulungan.

      Delete
  11. berarti fuse/skring nya ga rusak/ msi bagus bang.ok,sya cek dl sambungan di gulungan nya apa ada yg putus.sblum nya trimakasih bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fuse tidak putus,karena speed 3 bergetar.
      cara mengecek kawat gulungan ada yang putus atau tidak,ukur kabel yang terhubung pada kapasitor dengan multimeter skala ohm X1 atau X10.
      kupas kabel/lepas kapasitor,tempelkan probe pada masing-masing kabel.
      jika jarum bergerak kira-kira 1/4 skala,berarti jalur baik.

      Delete
  12. mohon pencerahanya boz.,.,kipas gue ada mslh..
    mslhnya kipas kagak mau bisa kenceng, pdhl udah saya ganti kapasitor, mutarnya tetep lambat, and speed 1,2,3 kayak ga brfungsi,.,
    thanks.,.,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nilai kapasitor diganti dg yg lebih besar,misalnya 2 mF.
      Kl msh lambat jg,gulungannya harus ganti.

      Delete
  13. Anonymous7:44 PM

    mas cara melepaskan bosing bagaimana pakai alat apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung bagaimana bosing itu terpasang,ada yang dijepit,membongkarnya gunakan obeng (-) yang tipis lalu congkel jepitannya.
      ada yang ditahan oleh pegasnya,membongkarnya ketok pada bagian depan bosing dengan besi yang luas penampangnya lebih besar dari lubang bosing.
      bisa juga menggunakan as yang tidak terpakai,lebarkan penampangnya dengan cara dipukul-pukul dengan palu.

      Delete
  14. Mas,, kipas anginku swing pd level 1-2 ğ∂ќ berfungsi. Nah klo dlevel 3 pling atas dy bsa berfungsi swingnya.. Apa penyebabnya ?? N apa yg hrz dganti ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. swing ada 2 model,yang menggunakan gearbox dan dinamo.
      gearbox digerakkan oleh as kipas,sedangkan model dinamo digerakkan oleh listrik yang memiliki switch sendiri.
      kalau masalah swing bekerja hanya pada speed 3,saya perkirakan swing kipas anda menggunakan dinamo.
      coba periksa instalasi kabel dinamo swing.

      Delete
  15. Salam kenal Untuk kran 24 lubang skema gulungannya bagaimana ya..... tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kipas yang baling-baling besi ya?
      skema kipas kern 24 alur sama saja dengan 16 alur,bedanya kutub-kutub kern 24 alur ada 2 tingkat,sama seperti dinamo mesin cuci.

      Delete
  16. Salam kenal Untuk kran 24 lubang skema gulungannya bagaimana ya..... tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kipas yang lubang alur 24,cara gulungnya sama seperti mesin cuci,ada 2 tingkat.
      perbedaannya,pada mesin cuci tidak ada kumparan untuk speed.

      Delete
  17. mau nanya mas. kipas angin saya rusak,, ketika off,, keras banget diputarnya,itu kira kira apa yang kena... trus kalo bosy tu susah gak nyarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pasti bosingnya gan....carinya di toko yang jual spare part multi seperti mesin cuci,kulkas,kipas,dan mesin air.
      kalau toko yang khusus satu macam,misalnya mesin air,gak ada spare part mesin lainnya.

      Delete
  18. Anonymous11:03 PM

    Mau tanya ne bang, klo kapasitornya saya ganti yg lbih tinggi, misal dari 1,5 mF sy ganti 2 mF, kira2 gk apa2 ya, trus apa berpengaruh sama kecepatan kipasnya, thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengganti kapasitor 1,5 mF dengan 2 mF bisa menambah kecepatan putaran kipas,tetapi arus yg ditarik juga lebih besar,cepat atau lambat berpengaruh pada gulungan kipas,akan cepat soak.
      jadi lebih baik,mengganti sesuai standar pabrik saja.

      Delete
  19. Saya mau tanya kalo kipas meja kecil diameter 20 cm apa bisa dibuka baling2nya?
    suaranya berisik sret sret, apa pelumas udah kering ya? Setelah saya bersihkan baling2nya (dilap) malah jadi bunyi sret2... makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya,bisa dibuka,tetapi karena pemasangannya dengan sistem press,jadi harus dipaksa.
      saya biasa membuka dengan cara mencongkel baling-baling menggunakan obeng panjang 2 buah.
      bunyi berisik mungkin bosy atau as sudah aus,jadi posisi as tidak central lagi,sehingga besi rotor sedikit menyentuh(menitis) besi kern.

      Delete
    2. Jadi klo gitu cara benerinnya gmna om, apa yang harus di ganti ? Ato pemasangannya kurang tepat ato gimana biar gak bunyi² lagi??

      Delete
    3. sebaiknya sih bosingnya diganti.
      kalau as-nya bisa diganti juga kalau kelihatan sudah aus.

      Delete
  20. Bro bagaimana klo swing kipas angin tidak muter....

    ReplyDelete
    Replies
    1. swing kipas ada 2 model gan,menggunakan gearbox dan dinamo.
      kerusakan swing yang menggunakan gearbox biasanya pada geliginya yang aus,sedangkan yang menggunakan dinamo pada kumparannya.

      Delete
  21. galih9:37 PM

    maf gan mau nanya ni,sya punya kipas merek denpo,tdi nya habis ganti capasitor cuma tahan 3bln,stelah itu gamutar lg cuma dengung halus.trus saya bongkar dan di bersihkan ass nya, pas saya pasang lg tetap ga bisa cmu dengung halus.tp klo di putar pake tangan bisa mutar pelan padahal capasitor nya baru beli,yg aneh nya klo di putar ke kiri juga ass nya mau mutar.ko bisa gitu yah gan,,,,,rusak nya di bagian mana,trimakasih di tunggu solusi nya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau diputar ke kiri as bisa berputar berarti gulungan starting ada yang putus,gan.
      saya punya pengalaman dengan kasus sama,penyebabnya pemilik kipas ceroboh saat membongkar kipas untuk dibersihkan.
      kecerobohannya yaitu obengnya terpeleset menusuk gulungan starting ketika membongkar bagian mesin.
      ini saya ketahui setelah mengukur dengan avo meter pada kabel speed dengan kabel starting(yang terhubung dengan kapasitor),jarum tidak bergerak.
      setelah meneliti gulungan,saya melihat ada lecet pada gulungan.
      yang membuatnya tetap bisa berputar(meski pelan),karena gulungan runing mendapat arus.

      kalau pada kasus agan galih,kalau memang tidak ada kecerobohan saat membongkar,saya kira penyebabnya solderan kawat starting ke kabel mungkin mengapur,sehingga tidak terkonek sempurna.
      sebaiknya cek dahulu dengan avo meter pada kabel yang menuju kapasitor.

      Delete
  22. mas mau tanya, kalo kipas angin muternya kenceng terus lambat lalu kenceng lagi lalu lambat lagi gtu terus, itu kenapa ya? dan solusinya bgmn?
    terima kasih

    ReplyDelete
  23. nanya mas, kipas ane gak muter, bosing as da bersih, kapasitor baru, tapi belum muter juga,kalo listrik docolokan, posisi speed netral di dinamo, as ada setrum, tapi kalo speed 1-3, listrik di dinamo , as tidak ada, apa itu normal? trus apanya lagi yg rusak...makasih banyak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau semua komponen vital bagus,perlu dicurigai gulungannya.
      perkiraan saya,ada kawat yg putus 1 atau 2 helai.
      silahkan periksa dahulu,caranya bisa dilihat pada artikel memeriksa kerusakan koneksi kawat kipas angin.

      Delete
  24. mas, saya buka kipas angin tujuan nya mau dikasih pelumas , gak sengaja tu gulungan nya lepas dari rumah nya , eh malah putus tuh kawat email yg halus-halus itu , melihat panjang nya masih bisa di sambung, tapi saya bingung mau nyambungin dengan yg mana aja , semua ada 5 helai, tolong mas solusi nya gimana, merk kipas : miyako

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau putus 5 helai,menurut saya cukup banyak.
      tapi kalau kawat yg putus ukurannya beda2,mungkin masih bisa dicari tau dengan cara dipasangkan antar kawat,jika masing2 ujung kawat ketemu,maka itu pasangannya..
      Cara menyambungnya dengan cara di jumper,gunakan kawat yg ukurannya sama dengan panjang disesuaikan.
      bakar kedua ujung kawat dan diamplas lalu lilitkan pada kawat yg putus tadi,kemudian disolder.
      jika cara ini gagal,sebaiknya gulung ulang.
      terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  25. Mas, kipas angin sy klo jalan bunyinya keras sekali sangat berisik. Itu solusinya gmn mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 kemungkinan,as atau bosingnya aus,sebaiknya ganti keduanya.
      terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
    2. Assalamualaikum,saya punya kasus yang sama dengan mas attho sunarto,padahal kipasnya baru beli,merk nya Panasonic. Apakah tetap harus ganti As dan bosingnya walaupun kondisi kipas masih baru?

      Delete
    3. kalau masih baru,coba tetesi minyak dulu gan pada bosingnya.
      sebelumnya cek dulu,apakah ada kotoran pada bosing?
      kalau iya,sebaiknya ganti yg baru,karena pasti akan kambuh lagi.

      Delete
  26. mas kipas saya ko kalo nyala cuma tahan 5 menit doang trus mati lagi trus ada suara dengung padahal kapasitornya baru saya ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. kondisi as dan bosing gimana gan?
      coba ganti dulu keduanya.

      Delete
    2. Punya saya juga begitu dah sya bongkar sya bersihin as dan bosing bagus gk ad yg oblak..5menit muter kenceng bis tu mati cma dengung doang di bantu muter pake tangan gk bisa muter keras bgt

      Delete
    3. Punya saya juga begitu dah sya bongkar sya bersihin as dan bosing bagus gk ad yg oblak..5menit muter kenceng bis tu mati cma dengung doang di bantu muter pake tangan gk bisa muter keras bgt

      Delete
  27. Mas... saya punya kipas buat Exsaus van merek maspion... tadinya hidup, sekarang g mau muter.... saat posisi hidup / di on kan... kipas g mau muter, ada suara mendengung halus di motor, saya putar kipasnya lancar... saya bongkar motornya ada 3 kabel, cek tegangan OHM nya pake avo meter antara kabel satu dengan yang laiannya nyambung, cek kabel dengan bodynya g ada short / g nyambung kabel antara body ... Resistor baru sudah di ganti dgn yang lebih besar dari sebelumnya... tetapi kipas, tetap tidak mau muter... suara mendengung halus masih ada.... kira - kira apa solusinya supaya kipas bisa fungsi lagi.... trimakasih sebelumnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin maksudnya kapasitor ya,bukan resistor.
      coba agan ukur 2 kabel yg menuju kapasitor dengan avo,apakah jarum bisa bergerak atau tidak?
      perkiraan saya,thermo fuse putus,dipasang pada kabel yg menuju kapasitor.

      Delete
  28. Assalamu'alaikum mas
    Kipas angin saya merk cosmos, kalau tidak di putar normal2 aja, tapi kalo di putar sekitar beberapa menit kipasnya berhenti berputar tapi masih hidup baling2nya masih berpuat terus ada bunyi kretekretekkretek gitu,terus saya putar kipasnya dengan tangan normal lg, tapi bbrp menit kemudian kembali lg, itu ygrusak apa y mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam gan elektra.
      kira-kira masalahnya seperti ini bukan;saat kipas dalam keadaan mati,baling-baling diputar lancar,dan ketika dinyalakan,baling-baling diam dan harus diputar dengan tangan agar berputar?
      jika demikian,kerusakan pada as yg telah aus atau bosing udah longgar,sebaiknya ganti kedua part.
      untuk memastikan,agan bisa coba cek,matikan kipas lalu goyangkan as ke kiri dan kanan(bukan kedalam ya),kalau ada gerakan meski sedikit,berarti as sudah oblak.
      agan cek dulu as-nya,caranya sudah saya jelaskan didalam artikel.
      terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  29. Pagi gan salam kenal ya..
    bulan 12 kemarin kan saya beli kipas angin worldstar 20''..
    nah, 1 bulan kemudian swing tidak berfungsi tetapi tetap digunakan..
    sekitar 1 minggu yang lalu kipas tersebut terbakar...
    kemuadian di service mumpung masih garansi..
    service pun selesai..
    katanya sih ganti dalaman semua.. mulai dari dinamo, mesin dan papan pcb...
    setelah dites sebelum dibawa pulang, bagus...
    tapi setelah dipasang di rumah,
    1. tidak mau mati meskipun ditekan tombol off
    2. lampu kedap kedip semua...
    3. di tes pakai remote sama..kipas pun tidak mau mati..
    4. fungsi jalan.. mulai dari swing.. kecepatan
    5. ada api di dalam...

    hal ini kenapa bisa terjadi ya gan...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kualitas produknya kurang bagus dong,parahnya lagi,layanan service center sepertinya tidak profesional,karena kerusakan awal pada dinamo,kenapa papan PCB/modul ikut diganti?
      analisa saya,modul punya agan masih bagus,tapi ditukar dengan modul yg mungkin bekas servisan.
      agan komplain aja lagi,karena agan membeli produk baru,yg seharusnya bisa bertahan paling tidak 1 tahun,bukan 1 bulan.

      Delete
    2. makasih ya gan...
      sudah replay...

      Ohh...
      gitu ya...??

      tadi setelah saya bawa service kembali..
      service centernya bilang, arus kami yang gak sanggup..
      complain dong saya..
      gak mungkin arus kurang.. sementara kita punya arus sangat besar... (untuk warnet)

      baik lah gan..
      jika nanti kipas anginnya sudah diperbaiki,
      akan saya pertanyakan kembali masalah PCB tersebut gan..

      makasih ya gan...

      Delete
    3. ternyata service center memang tidak profesional.
      mereka bukan hanya melempar kesalahan,tetapi juga mencoba membodohi pelanggan.
      untung agan punya usaha warnet,yg memang butuh arus besar.
      lagipula terdengar aneh,kalo arus kurang kenapa dinamo terbakar?
      seharusnya yg terjadi adalah mcb listrik yg turun.

      contoh gampangnya,mesin air.
      saat mulai beroperasi,tarikan(arus) awalnya sangat besar,kalau beban mcb terlalu berat,dia akan turun.
      mengapa bisa turun? karena arus untuk menyalakan mesin air KURANG mencukupi.
      maka beban mcb harus dikurangi dengan mematikan peralatan listrik lain seperti tv,magicom,sampai semua lampu,jadi mcb hanya fokus utk menyalakan mesin air.

      satu lagi,dari cerita agan kalau dinamonya terbakar dan ada apinya,sepertinya kipas tersebut tidak dilengkapi thermofuse ya?
      padahal hampir semua produk kipas sekarang telah dilengkapi thermofuse,kecuali beberapa merk kipas abal-abal(apakah kipas tersebut termasuk merk abal-abal ya?).
      btw,kipas yg agan beli,jenis apa ya?
      tornado bukan?

      Delete
  30. Punten gan..kipas ane type stad fan ( regenxx).dan tidak bisa berputar ke kiri atau kekanan..apakah mtr sincronousnya as nya ya gan ..kalau iya part merk tsbt sulit dicari dan apakah bisa diganti dgn merk lain..thz

    ReplyDelete
    Replies
    1. part tersebut tidak bergantung merk gan,merk apa aja bisa,asal body dan as sama.
      kalo mau beli,sebaiknya bawa contoh,gan.
      terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  31. Anonymous9:10 PM

    Mas, numpang nanya,
    Kemaren baling2 kipas angin saya kotor sekali, lalu saya cuci tanpa dilepas, eh malah kecipratan air ke mesinnya.
    Malamnya saya coba nyalakan, kipasnya berputar sebentar lalu kemudian langsung mati. Kira-kira itu masalahnya apa ya mas. Makasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu gan gejala matinya,apakah tercium bau hangus? kemungkinan gulungannya terbakar.
      saat dinyalakan mesinnya berdengung tidak?
      kalau tidak ada dengung,bisa jadi thermal fuse putus.
      kalau agan bongkar mesinnya,dan tidak ada tanda2 terbakar,perhatikan airnya masih ada gk?
      kalau masih ada,keringkan dulu dengan dijemur.
      demikian jawaban saya,semoga membantu.

      Delete
  32. Numpang nanya gan....
    kipas stand biasa.
    1. Klo pertama hidupin saya harus nunggu bbrpa menit baru baling2nya bisa muter...knpa gan?
    2. Klo udah hidup kcpatan terendah itu baling2nya muternya pelan bgt...knp gan?
    3 klo d swing kekiri n kekanan...Mau swing kekiri tp gk mau swing kekanan. Knpa gan? Trmksih sebelumnya gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.ganti bosing,sekalian as kalo udah bergaris.
      2.kerusakannya pada kapasitor,langsung ganti aja dengan ukuran yg sama.
      3.kemungkinan roda dalam gear box udah aus,mending sekalian ganti gear box gan.

      Delete
  33. Numpang nanya gan....
    kipas stand biasa.
    1. Klo pertama hidupin saya harus nunggu bbrpa menit baru baling2nya bisa muter...knpa gan?
    2. Klo udah hidup kcpatan terendah itu baling2nya muternya pelan bgt...knp gan?
    3 klo d swing kekiri n kekanan...Mau swing kekiri tp gk mau swing kekanan. Knpa gan? Trmksih sebelumnya gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. udh saya reply diatas gan sofyan msa.
      terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum wr.wb
      Gini mas,kipas sy merk miyako remote.on n off oke.swing kiri n kanan ok.cuman hanya tegangan pada baling'' kipas 1,2,3 gak ada.capasitor 1,5 uf sdh sy ganti.
      Terimakasih sebelumnya

      Delete
    2. wa alaikum salam,bila swing bisa bergerak kiri kanan,kemungkinan rusaknya pada thermal fuse.
      utk model remote,cara mengecek thermal fuse yaitu pada modulnya.
      tempelkan probe multi tester pada kabel line yg terhubung pada kapasitor merah,probe satunya tempelkan pada kabel speed(1,2 atau 3).
      bila jarum bergerak,kemungkinan thermal fuse dipasang memutus jalur kabel kapasitor.
      tempelkan probe tester pada masing-masing kabel kapasitor,bila thermal fuse putus,jarum tidak bergerak.
      demikian jawaban saya,ditunggu kabar selanjutnya.

      Delete
  35. Asalamualaikum wr wb.
    Kipas saya merek maspion, kalo lama g di nyalain lalu dinyalain kayak tgg lama baru bisa berputar. Seperti tgg mesin panas dulu baru bisa nyala, ituw kenapa ya? Solusinya bagaimana?

    ReplyDelete
  36. ganti dulu kapasitor,jika tidak ada perubahan ganti bosing.

    ReplyDelete
  37. Om numpang Tanya, klo hexos tiba2 berhenti ,mesin tetap nyala, kioas tidal mau bergerak, sepeti tersangkut, tapi klo mesin di matikan ,kipas di putar pakai Tangan lancar..itu knapa yaa

    ReplyDelete
  38. Om numpang Tanya, klo hexos tiba2 berhenti ,mesin tetap nyala, kioas tidal mau bergerak, sepeti tersangkut, tapi klo mesin di matikan ,kipas di putar pakai Tangan lancar..itu knapa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bosingnya aus gan,ganti aja.

      Delete
  39. kipas angin saya kemarin seret nggak mau berputar, trus saya bersihkan dan kasih oli dikit di kedua bosing nya, 3 hari lancar, tapi hari keempat nggak bisa berputar lagi, tidak ada bau terbakar atau panas, baling-baling lancar kalau di putar, tidak ada bunyi dengung kalau di 'on' kan, semua terlihat baik, apa solusinya Mas?

    ReplyDelete
  40. selamat malam.
    saya mengucapkan terimakasih telah menguraikan tentang kipas angin.
    saya mau tanya, untuk hasil titik ukur nilai yang standar pada motor kipas angin ?
    wasalam.

    ReplyDelete
  41. Maaf numpang tanya kalo kumparan terbakar sedikit/terlihat ada gosong di kawat tapi sedikit apa masih bisa di nyalakan ya

    ReplyDelete
  42. Maaf gan mau tanya?... Kipas angin saya kalau di hidupin bisa berputar terus mati sendiri gak bisa berputar lagi,... Itu penyebabnya apa gan...
    Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berputarnya berapa lama sebelum mati sendiri?
      apakah setelah mati lalu didiamkan agak lama,kipas bisa nyala lagi?
      langkah pertama,coba ganti kapasitornya dulu gan.

      Delete
  43. Mas, mau tanya.. wkt itu sy nyoba bersihin sendiri. Ga sengaja ngebuka gear box nya. Tp begitu mau masang lagi, kok ada 2 bola dan 1 per ya? Itu naruhnya posisinya gimana? Cz dicoba jadi ga bs muter kiri kanan lg.. makasih

    ReplyDelete
  44. Damayanti@ itu namanya pelor,posisinya terletak di lubang batang puller bagian luar.
    per itu fungsinya menekan kedua pelor terhadap gear puller,sehingga batang puller dapat ikut berputar ketika kipas menyala,dan kipas dapat menggeleng kiri kanan.

    ReplyDelete
  45. Gan numpang nanya ...kalau kabel yang utuk ke kapasitor da nga nyambung apa bisa di atasi gulunganya...di tggu jawban nya...tanks....

    ReplyDelete
  46. @Dar Win:periksa dulu kabel kapasitor,tersambung dengan kabel thermofuse gak?
    kalau tersambung,kemungkinan thermofuse putus.
    kalau tidak tersambung,kemungkinan ada kawat gulungan yg putus,periksa dengan teliti.

    ReplyDelete
  47. Mas...saya punya ceiling fan HTC..regulator speed nya rusak. Saya belikan baru milik merk lain dengan setelan speed sama. Tapi setelah dicoba, selisih kecepatan Dari speed 1 s/d 5 tdk beda jauh. Apa penyebanya ya? Apakah tdk cocok? Mohon penjelasannya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. saklar speed pada ceiling fan ada 2 model;menggunakan kumparan dan kapasitor.
      saya sih belum pernah ngalamin mengganti model kumparan dengan model kapasitor,sepertinya memang tidak cocok.
      coba agan bongkar box saklar lama dan yg baru,apakah keduanya pake model yg sama?

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. mas kipas saya kalau di hidupin nunggu beberapa menit baru bisa muter, itupun di kecepatan max, klau uda muter di ganti kecepatan biasa pun normal, itu kira" kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti kapasitornya dulu gan,karena start awal kipas berawal dari kapasitor.
      kalau tidak ngaruh,ganti bosingnya.

      Delete
  50. gan nanya dong kira" ada ga yang jual rumah bosing? salah satu kaki rumah bosing patah dan juga kenapa ya kok speed 1 ga mau putar, speed 2 pelan banget, speed 3 putar seperti biasa dan setelah 12 jam berhenti tapi getar, dan kalau didiamkan agak lama baru bisa putar lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya gk ada yg jual deh gan,tapi kalo di lokasi agan ada pasar loak,kemungkinan besar disitu ada.
      atau ganti 1 set aja gan,tinggal pasang beres,gk perlu ngakalin speed yg pelan lg.

      Delete
  51. maksudnya ganti 1 set gimana? beli baru kipas angin? baru belajar reparasi sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 set dinamonya aja gan,udh lengkap.
      kalau buat belajar,coba aja cari di tukang rongsok keliling,biasanya ada kipas angin masih lengkap,dan kadang2 dinamonya masih bagus.
      untuk speed yg pelan,coba ganti kapasitornya dulu,biasanya disitu penyakitnya.
      semoga membantu,tetap semangat belajar,gan. :)

      Delete
  52. Mas mau nanya kipas blower saya kan abis di lilit baru ko putaran kekiri lebih lambat di banding kekanan lebih kenceng itu pengaruh apanya ya? Itu juga kapasaitor ada 2 bji di seri dri sananya.apa pengaruh kapasitornya mas? Ukuranya 1.5uf 400v makasih mas

    ReplyDelete
  53. maksudnya exhaust fan ya,gan?
    bisa jadi kumparan runing dan starting jumlahnya tidak sama.
    untuk kapasitor,beneran di seri gan?
    soalnya kl di seri nilainya jatuh jd setengahnya(1,5:2=0,75 uF).
    kl di paralel,nilainya membesar(1,5×2=3 uF).

    ReplyDelete
  54. mas klo pakek kapasitor 1,2 kecepatan 3 gk bisa hanya 1 dan 2,,,,tp klo pkek kapasitor 1,5 hanya 1 yg bisa dan putaranya kenceng tetapi kecepatan 2 dan 3 tdk bisa itu bagaimana??????

    ReplyDelete
  55. kipasnya merk maspion ya gan?
    maspion nomor 1 memang untuk speed tercepat.
    kalo udh ganti kapasitor masih bermasalah,sepertinya harus gulung ulang gan.

    ReplyDelete
  56. Mas, kipas angin saya merk quantum. Kipas angin kotak yg ada batre nya n lampu emergency juga. Umurnya udah 10 thunaan lebih. Udah beberapa bulan ini mati. Tapi kalo tombol on nya idup trus baru dicolokin ke listrik itu idup sebentar trus mati, gitu trus berulang2. Kira2 apa mslhnya mas? Trimakasih atas perhatiannya

    ReplyDelete
  57. kipas seperti itu pake arus dc gan.
    kl udh 10 tahunan periksa dulu kondisi batre.
    cek tegangannya,biasanya masalah di batre gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sambil ngecas bisa muter tu kipasnya mas. Biasanya kalo pake batrenya tahan muter ga sampe setengah jam. Maksud saya, kalo misalnya arusnya ga lewat batre (langsung dari listrik) gimana cara ngerubahnya ya mas? Kabel yg mana yg musti diubah jalurnya?

      Delete
  58. mas, klo kipas angin speed nya kenceng semua, ada masalah dimana nya yah? speed 2,3 sama sperti speed 1

    thx

    ReplyDelete
  59. mamz prasst@batrenya ganti elco aja gan,ukuran 2200uF/16v.
    jangan lupa polaritasnya jangan terbalik.

    adita@ kipasnya pernah dibongkar gk gan?
    mungkin tombolnya sudah di modif hanya menggunakan 1 kabel speed tertinggi.

    ReplyDelete
  60. gan , kallo kipasnya muternya berat banget (kalo diputar pake tangan) terus kalo di nyalain getar

    ReplyDelete
  61. ganti bosing gan,sekalian cek kondisi as,masih mulus gk.

    ReplyDelete
  62. Anonymous1:05 AM

    mas sya mau tanya, kalo misalkan suara gearbox agak kasar, itu penyebabnya apa ya? apakah ada pelumas atau semacamnya yang bisa membuat suara gearbox halus?

    ReplyDelete
  63. Numpang tanya gan kipas saya mati total terus saya ganti termo fusenya kapasitor juga saya ganti pas di coba nyala muter ehh ga taunya pasangnya ga pas akhirnya bongkar lagi dan setelah di pasang sekarang malah muter cuma beberapa detik terus mati lagi kira2 apanya yg rusak ?

    ReplyDelete
  64. Numpang tanya gan kipas saya mati total terus saya ganti termo fusenya kapasitor juga saya ganti pas di coba nyala muter ehh ga taunya pasangnya ga pas akhirnya bongkar lagi dan setelah di pasang sekarang malah muter cuma beberapa detik terus mati lagi kira2 apanya yg rusak ?

    ReplyDelete
  65. pasang gk pas itu apanya gan?

    ReplyDelete
  66. Mas mau tanya..box fan merk maspionku dinamo bawaannya ada 6 kabel trus aku ganti dinamo yg ternyata hny 5 kabel... hitam untuk power dan orange untuk kaki salah satu kapasitor..3 yg laen untuk speed...tapi aku bingung cara nyambungnya mengingat dlm kipas itu ada timer..saklar rotary fan dan saklar on off kipas..bantu dong mas biar aku gak salah sambung...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel hitam selain untuk power juga untuk kapasitor,dibikin cabang sendiri.
      jadi kapasitor kabelnya hitam dan orange.
      untuk yg lain,tinggal ikutin bekasnya aja.
      kabel speed sambung aja dulu di rotary switch,kalo hembusan anginnya beda,tinggal tukar posisi kabelnya.

      Delete
  67. Anonymous11:56 AM

    Mw tanya mas. Kipas angin kotak saya utk putaran speed 1, 2, 3 anginnya sama ya kencang smw sprti speed 3.Kondisi udh prnh d servis n kabel speed sesuai posisi nya masing2. Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum di servis,apakah ada perbedaan speed?
      apakah servisnya ganti gulungan?
      langkah awal,periksa dahulu resistansi masing-masing kabel speed terhadap kabel power,apakah ada perbedaan resistansi?

      Delete
  68. Saya mepunyai ceiling fan, tetapi speed regulatornya rusak no 1,2,3&4. Hanya nomor speed no: 5 saja yg jalan shg hal ini tdk nyaman krn terlalu cepat. Didalamnya bukan berupa gulungan dynamo kumparan tetapi semacam capasitor. Utk itu saya mohon minta tolong kpd Bapak2 dimana bisa reparasi regulator ini. Atau biskah jika saya betulkan/reparasi sendiri namaun sangat tidak tahu caranya. Sekian & terima kasih banyak. saya dapat dihubungi via email di cipie7@yahoo.com.
    Salam/Cepi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibetulkan sendiri,pak.
      coba ganti kapasitor dengan yg baru,asalkan sama.
      warna kabel biasanya sama,tapi kl kebetulan beda,tinggal ikuti urutannya dari kapasitor yg lama.
      di body kapasitor biasanya tertera ukuran untuk masing-masing speed,selamat mencoba.

      Delete
  69. kipas angin sy mesinnya dengung baling baling g berputar..to kalo baling baling dilepas. besi tmpat baling baling berputar lancar. sy bngkar sy bersihkan. sama..kemudian kipas angin sya tidurkan. bisa berputar lancar sekali..tp kalo di berdirikan ttp g bisa berputar, katanya kapasitor rusak, mau coba gnti tp bngung sblah mana letakmya, tdak terlihat, kipas anginya merk cosmos. mohon pnjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ditidurkan kipas bisa berputar lancar,berarti kapasitor masih normal.
      tetapi kalau diberdirikan tidak bisa berputar,saya rasa masalah pada bosing depan/belakang,atau as sudah aus.
      coba perhatikan as,apakah masih mulus atau sudah berparit?
      kalau sudah berparit,ganti semuanya(as dan kedua bosing).

      Delete
  70. Mao nanya nii om, kipas angin ane gg mao muter nii om, turus dah ane buka jeroannya masa gg mao muter jga ya om. pas ane colokin k'listrik jga gg mao miter ane pegang dinamonya gg panas jga om, kira"asalahnya apanya om. Makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya masalah pada thermal fuse putus.
      atau bila ada kemungkinan lain,silahkan baca artikel ini.

      Delete
  71. Mao nanya nii om, kipas angin ane gg mao muter nii om, turus dah ane buka jeroannya masa gg mao muter jga ya om. pas ane colokin k'listrik jga gg mao miter ane pegang dinamonya gg panas jga om, kira"asalahnya apanya om. Makasihh

    ReplyDelete
  72. assalamualaikum mas..
    mau tanya, kipas angin saya waktu di hidupin muternya kencang, tapi lama kelamaan semakin lambat dan kemudian tidak berputar lagi (mati).
    ketika di hidupkan lagi, kondisinya sama seperti semula.
    mohon pencerahannya mas...trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah nemu kasus seperti itu,perkiraan saya kapasitor melemah setelah dialiri arus.
      coba ganti kapasitornya,gan.

      Delete
  73. Permisi pak.gulungan running langkah 4 dan starter langkah 3 sama-sama 900 lilitan.dulu voltase 110 ke 220.kapasitor dulu 2 yang pakai sekarang 1.5uf.pertanyaannya kenapa setelah 2 jam lebih daun kipas panas sekali?apa yang salah pak?

    ReplyDelete
  74. Permisi pak.gulungan running langkah 4 dan starter langkah 3 sama-sama 900 lilitan.dulu voltase 110 ke 220.kapasitor dulu 2 yang pakai sekarang 1.5uf.pertanyaannya kenapa setelah 2 jam lebih daun kipas panas sekali?apa yang salah pak?

    ReplyDelete
  75. Oh ya aku lupa lilitan semu 900 ukuran kawat 0.15 milimeter.

    ReplyDelete
  76. kipasnya merk apa,kok runing dan starting langkahnya beda?
    kl lubang alur cukup lebar,coba runing pakai 018.

    ReplyDelete
  77. Oh ya.aku lupa kipas angin exhaust merek national.alur semua 12.jadi langkah 3 tidak berhimpitan dan langkah 4 jalan gulungan berhimpitan. 0.15 tidak cocok jadi pakai 0.18 mm semua pak?

    ReplyDelete
  78. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  79. Maksud aku lilitan semua running dan starter 900 pakai 0.18 pak?

    ReplyDelete
  80. merk national semuanya pake 018.
    exhaust model lama ya,lubang alurnya 12?
    saya dulu pernah bongkar kern yg sama,kumparan luar memang 4 langkah,tp kumparan dalam gk ingat.
    disitu kumparan msh orisinil?

    ReplyDelete
  81. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  82. voltase tetap atau bisa dirubah ke 220V?
    coba aja buat 1 lilitan 900 lilit pake 018,bisa muat gk?

    ReplyDelete
  83. Pak tidak bisa terbanyakkan.apa yang aku gulung 900 0.15 kurang atau solusi apa ada jalan lain supaya kipas exhaust tetap dingin?

    ReplyDelete
  84. langkah penempatan gulungan bantu dan utama orisinil seperti apa gan?
    kl analisa saya,1-3 dan satu sisi gulungan bantu bertumpuk dengan sisi gulungan utama,seperti itu gk?

    ReplyDelete
  85. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  86. Maaf pak.maksud aku 900 0.18.

    ReplyDelete
  87. waktu pertama agan bongkar,ada gulungan bertumpuk dalam 1 lobang alur gk?
    kita fokus dulu pada sistem penempatan gulungannya,soal jumlah gulungan,nanti dulu.

    ReplyDelete
  88. Ada langkah 4 berhimpitan gulungan 536 dan langkah 3 tidak.pak apa berpengaruh kalau langkah 4 jadi 3 gulungan 536 berpengaruh?voltase itu 110.jadi nanti kuubah 220 voltase.pak seandainya running dan starter sama gulungan sama 900 0.18 ya pak?

    ReplyDelete
  89. jadi sisi gulungan runing bertumpuk dg sisi runing sebelah ya?
    sedangkan starting langkahnya 1-3 tidak bertumpuk?
    voltase dinamo 110V tetap,tidak ada switch/soket pemindah ke 220V ya gan?

    ReplyDelete
  90. Ya.jadi bagaimana lilitan untuk voltase 220 untuk running dan starter?berapa lilitan dan ukuran kawat pak?

    ReplyDelete
  91. kl voltase dinamo fix utk 110V,kayaknya rubah ke 220V agak sulit.
    karena jumlah gulungan 2X lipat dan lubang alur diisi 2 sisi gulungan,rasanya tidak muat.
    agan coba aja gulungan runing 1000 lilit starting 2X lipat.

    ReplyDelete
  92. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  93. Maaf pak,maksud kamu langkah 3 running 1000 langkah 4 starting 2x 1000 lilitan.berarti tambah 100 lilitan ukuran 0.15.supaya daun kipas tidak panas setelah 2jam lebih.

    ReplyDelete
  94. Maaf pak,maksud kamu langkah 3 running 1000 langkah 4 starting 2x 1000 lilitan.berarti tambah 100 lilitan ukuran 0.15.supaya daun kipas tidak panas setelah 2jam lebih.

    ReplyDelete
  95. Maaf pak,maksud kamu langkah 3 running 1000 langkah 4 starting 2x 1000 lilitan.berarti tambah 100 lilitan ukuran 0.15.supaya daun kipas tidak panas setelah 2jam lebih.

    ReplyDelete
  96. lho,katanya langkah runing 1-4.
    maksud saya,langkah runing dan starting ikutin yg lama,cm gulungannya dibikin dobel.

    ReplyDelete
  97. Kalau semua dobel 1000 2x 0.15 tidak bisa pak.karena starting langkah 3 alur kecil tidak mungkin muat secara dobel tapi running bisa karena alur besar.jadi bagaimana?atau aku coba langkah 3 gulungan 900 0.18 mungkin bisa muat baik secara running dan starting pak?

    ReplyDelete
  98. coba aja, gan.
    tapi saya heran, runing didobel bisa muat tapi starting tidak?
    emang perbedaan lebar alur jauh ya?

    ReplyDelete
  99. Ya.pak begini alur besar running atau gulungan utama bisa gulung berhimpitan dan starting tidak bisa muat karena alur kecil.kalau running gulung 2x dan gulungan starting 1 kali apa bisa? Gulungan running lebar 3.6 cm dan lebar starting 2.7cm.ini saya kasih tahu biar tidak bingung?

    ReplyDelete
  100. kl lebar gulungan sih tidak masalah.
    tp biasanya lubang alur rata2 sama, kl beda jg gk terlalu jauh.
    kl gulungan mau dibuat seperti itu, starting bakal kalah gan.
    saran saya, dinamo mending ditukar yg 16 alur aja, gk repot.

    ReplyDelete
  101. Tolong dong, kipasa saya baut penahan jaring yg plastik udah patah
    Ada yg jual gak, saya di pasar minggu jaksel
    Tolong infonya

    ReplyDelete
  102. dipasar minggu emang gk ada? atau ke kramat jati,pinggir jalan banyak gan.

    ReplyDelete
  103. Mas saya mw tanya nih....
    Kipas saya jika di tekan tombol nya lansung hidup setelah tu mati sendiri di tekan lagi hidup trus mati lagi...
    Kenapa tu y....
    Mohon di bagi ilmunya....

    ReplyDelete
  104. Mas mau tanya, kipas saya tiba-tiba mati saya cek semua ok, terus saya ganti kapasitornya malah keluar percikan api dari dalam kumparan itu kenapa ya apa saya salah pasang kapasitornya

    Yang kedua kipas hidup dan tiba-tiba mati setelah colokan listrik dipindah hidup lagi terus mati lagi sampai beberapa kali dan akhirnya mati total

    ReplyDelete
  105. yg pertama gulungan short(korslet),gulung baru.
    kedua,pastikan dulu saat kipas mati apakah mesin berdengung atau tidak?
    ada kemungkinan sambungan kawat dan kabel,tidak paten.

    ReplyDelete

Share

Widgets

random

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Powered by Blogger