SERVICE KIPAS ANGIN | BALGEN

SERVICE KIPAS ANGIN

Diantara sekian macam service barang elektronik,service kipas angin adalah yg termudah.
Karena kerusakan yg dialami,tidak serumit barang elektronik lain.
Kerusakan yg paling parah,adalah pada bagian kumparannya(gulungan),dan kalaupun sudah menguasai tekhnik menggulung,kerusakan inipun akan menjadi mudah juga.



Sebelum membahas kerusakannya,kita bedah terlebih dahulu mesin dinamonya.
Bagian-bagian dari dinamo kipas angin adalah sbb;
  1. Rumah motor (sebagai dudukan untuk kern)
    rumah motor.
    macam-macam bentuk rumah motor.
  2. Kern (untuk menempatkan kumparan,lubang-lubang yg melingkar untuk tempat kumparan disebut "alur")


    kern kipas angin.
    bentuk kern kipas.
  3. Rotor (magnet induksi,berputar karena ada induksi dari besi kern)
    rotor kipas.
    rotor kipas.
  4. As motor (sebagai pegangan untuk baling-baling)
    as kipas angin.
    as kipas.
  5. Bosy(terletak pada rumah motor)


    bosing kipas angin.
    bosing.
  6. Gear box (bagian yg membuat kipas menghembuskan angin ke kiri dan ke kanan)
    gear box kipas angin.
    macam bentuk gear box.
Kerusakan pada kipas angin

Pada kipas angin,kerusakan yg dialami hanya satu,kipas tidak berputar seperti biasanya,penyebabnya yg macam-macam.
Beberapa penyebab yg membuat kipas tidak berputar adalah;

-Bosy kemasukan kotoran.
Cirinya kalau baling-baling diputar dengan tangan terasa berat(ganti bosy).

-Bosy telah aus.
Cirinya kalau dinyalakan mesin mendengung dan jika baling-baling diputar,akan berat sekali.
Kalaupun bisa berputar,mesin dinamo akan mengeluarkan suara yang cukup mengganggu waktu tidur.
Tetapi kalau dalam keadaan mati/off,baling-baling diputar dengan tangan,berputar lancar(ganti bosy).

-As telah aus.
Setelah mengganti bosy,perhatikan fisik as pada bagian yang menyentuh bosy,apakah ada garis-garis halus?
Jika ada,gosok dengan amplas halus lalu cek raba sampai permukaan itu terasa halus.
Kalau didiamkan,garis-garis itu akan menggerus bosy sehingga bosy akan kembali aus,dan bosy yang aus juga akan menggerus as sehinggga garis-garisnya bertambah dalam.


-Capacitor lemah/mati.
Cirinya,putaran kipas pada speed tertinggi seperti speed terendah.biasanya,speed terendah baling-baling tidak berputar,hanya mesin yg mendengung.
Sedangkan kalau capacitor mati,mesin mendengung dan baling-baling tidak berputar,jika baling-baling diputar dengan tangan,terasa ringan(ganti capacitor).

-Kumparan/gulungan lemah atau terbakar.
 Gulungan lemah bisa disebabkan karena tembaga yg kurang bagus,atau faktor usia.
Saya sering menjumpai gulungan yg menggunakan kawat aluminium,bukan kawat tembaga,biasanya pada kipas murah meriah.
Produsen yg menggunakan kawat aluminium,mungkin karena faktor ekonomis,karena tentu harganya lebih murah daripada kawat tembaga,otomatis harga kipas jadi lebih murah.

Tapi,jeleknya kawat aluminium,lebih mudah diserang jamur,yg mengakibatkan korslet dan akhirnya gulungan terbakar.
Sebagai catatan,tidak semua kipas yang menggunakan kawat aluminium cepat rusak,ada juga yang awet.
Perbandingannya mungkin sekitar 1:10 atau 1:100.

Gulungan lemah biasanya dapat diatasi dengan cara melapisi gulungan dengan cairan vernis.
Kalau cara ini tidak bisa menolong,lebih baik digulung baru saja.
Sedangkan kalau gulungan terbakar,yaa...mau diapain lagi....gulung aja langsung.
Mengenai cara menggulung dinamo,silahkan baca artikel gulung dinamo kipas angin..

-Tips
Beberapa merk kipas sekarang,pada gulungannya telah dilengkapi dengan fuse temperatur/thermal fuse.
Gunanya untuk melindungi gulungan/kumparan dari terbakar karena panas berlebih.
Panas ini timbul akibat akibat gesekan putaran as dengan bosy yg telah kotor,atau bisa juga gulungan/kumparan memang akan terbakar.
Posisi fuse ini terletak pada ikatan kabel dengan kumparan(menempel pada kumparan,tujuannya untuk mendeteksi panas pada kumparan).
Bentuk umumnya seperti resistor,namun ada juga yg kotak.

Ciri-ciri kerusakan fuse,saat kipas dinyalakan,dinamo tidak ada reaksi(mendengung),dan steker di cek dengan avo meter(pada skala X1K),jarum tidak bergerak.

Mengganti fuse dengan yg baru,tidak menyelesaikan masalah.
Karena fuse itu sifatnya sebagai peringatan/warning,ada bagian yang harus diperbaiki.
Jika kerusakannya pada kumparan,dia tetap akan terbakar meski fuse diganti,atau akan putus lagi,jika bosy yg menyebabkan panas tidak diganti.

Selama ini saya tidak pernah mengganti fuse dengan yg baru,melainkan langsung saya sambung saja kaki2 dari fuse itu,setelah itu ditest apakah gulungan tetap normal atau justru terbakar.
Pengetesan dilakukan setelah spare part yang bermasalah telah diganti.
Kalau selama seharian tidak terjadi apa-apa,berarti derajat fuse itu terlalu rendah nilainya dari maksimal panas yg dihasilkan kumparan.
Kalau anda tetap hendak menggunakan fuse,carilah yg derajat temperaturnya lebih tinggi dari sebelumnya.
Jika masih ada ulasan yang kurang,silahkan kritik dan sarannya di kotak komentar.

52 comments:

  1. Anonymous7:45 PM

    pak punya tutorial cara menggulung ulang dinamo kipas angin???

    ReplyDelete
    Replies
    1. tutorial yang dimaksud telah saya posting.
      silahkan baca di http://balgen.blogspot.com/2013/05/gulung-dinamo-kipas-angin.html.

      Delete
  2. Anonymous12:21 PM

    saya mau tanya ,kalo dinyalakan tak ada bunyi sama sekali,tapi kalo off,diputar2 g apapa itu bagaimana ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa kemungkinan;
      -fuse temperatur putus,
      -kawat tembaga ada yg putus,
      -solderan jelek pada koneksi kawat dan kabel,
      -atau kumparan berjamur.

      cek dulu kumparan dengan teliti,kalau kumparan masih mulus,cek fuse yg berada di ikatan kabel dg kumparan,hati2 membongkar ikatannya,karena rentan putus.
      maaf,balasnya terlalu lama.

      Delete
  3. makasih sharingnya semoga memberikan manfaat kebanyak orang, mas saya mo nanya busy itu yg kayak apa ya, soalnya saya mengalami seperti yg mas ceritakan ketika ditancapkan cuma mendengung ga mau langsung berputar bisanya kalau dibantu tangan hehe atau kalau boleh bisa disertakan dengan gambar biar lebih mudah mencernanya. eiya busy beli dimana ya.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk busing ada beberapa macam,tetapi yg sering digunakan yg bulat seperti kelereng,terlindung didalam kaleng.
      posisinya didepan dan dibelakang rumah motor.
      gunanya sebagai pegangan as,agar tetap central.
      kalau putaran kipas harus dibantu dg tangan,kemungkinan besar as atau busing sudah aus.
      apakah putaran baling2 normal kencang?
      kalau normal,maka as atau busing minta ganti.kalau putaran lambat,coba ganti dulu capasitor.

      Delete
  4. om, lilitan tembaga saya cuman putus dua helai. apa tetep harus ganti satu gulung kah? atau ada alternatif yang lebih murah dan mudah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung disambung kalau cukup ruang untuk disolder.

      Delete
  5. Anonymous7:40 PM

    1. Om kalo misalnya kwat 0,20 jerman itu kn kepepet gag ckup bwt kumparan speednya trus dicampur sma kwat 0,18 biasa...tpi yg muter kn speed 1 kencang(kwt 0,20) kok speed 2 & 3(kwt cmpur 0,18+0,20) gag bisa muter?
    2. Kalo gag bisa muter kn kabel speed 2&3 nganggur, saklar speed 123 di body tak smbung ke speed 1 smua gpp ta?
    Kasih solusi bwt nambah ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.saklarnya gk konek kali...
      kenapa kawatnya dicampur?
      kalau bisa pake 0,18 gk usah pake 0,20(kecuali lubang alur mesinnya mensyaratkan pake 0,20).
      jadi,demi efisiensi pake aja 0,18.
      untuk kipas maspion,biasanya pake 0,18 untuk running,dan 0,15 untuk starting dan speed.
      2.speed 1,2,3 tujuannya untuk pilihan konsumen mau angin yg bagaimana.
      bisa aja semua pilihan speed dijadikan satu jadi yg tercepat(speed 3),asal kabel speed 1&2 dilepas.
      tp lebih baik speed 1&2 tetap difungsikan,biar gk masuk angin,hehehe....

      Delete
  6. Ni kpas ane klu start lgsung speed 3 klu 1 gk mw muter

    ReplyDelete
  7. cek bosing dan as,msh mulus gk?
    Biasanya bosing udh agak aus.
    atau as udh 'kemakan',ditandai dg garis2 melingkar di area yg menyentuh bosing.
    Coba diamplas dulu dg amplas yg halus,lalu cek raba.
    Kl dirasa udh mulus,bs dipasang.tp kl diraba msh agk kasar mski sedikit,lebih baik ganti baru aja.krna bs merusak bosing nantinya.

    ReplyDelete
  8. Maaf sebelunya.. sekedar saran aja nih Gan... menurut ane, buat yg paham soal service elektonik sih artikel agan sudah cukup jelas.. tp buat yg masih awam and gak pernah makan bangku sekolah yg berhubungan ama setrum gini mana bisa paham klo gada gambarnya... Mohon artikel selanjutnya dikasih gambar donk Gan... Ane pingin banget nih bisa belajar service dari blog agan... Terims................. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan masukannya.
      Sebenarnya saya udh sertakan gambarnya,tp mungkin waktu edit artikel,gambar2nya saya hapus dan lupa masukin lg.
      Untung agan komentar,jadi saya inget.
      OK gan,insya Allah nanti saya edit lg.

      Delete
  9. pak, apa penyebab dinamo kipas angin cepat panas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan bosing agak kotor,sehingga putaran as agak berat.
      cek dalam keadaan off,lalu baling-baling diputar,apakah putarannya lancar atau berat?
      jika pernah ganti gulungan,kemungkinan jumlah lilitan kurang dari yang seharusnya.
      bisa juga baling-baling ditukar dengan yang tebal,hal ini menyebabkan mesin akan bekerja ekstra keras karena beban dari baling-baling,sehingga gulungan akan menarik arus lebih besar.
      rata-rata kipas yang menggunakan baling-baling ringan adalah kipas cina.

      Delete
  10. assalamu alaikum bang,saya imam.mau tanya ni soal kipas angin sya yg rusak.bushing dan kapasitor udah saya ganti baru.tpi kipas nya blum bsa mutar,sped 1,2 ga ada respon pada di namo,tpi kl sped 3 cuma getar,itu rusak dimananya bang tolong penjelasan nya.trmakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah mengganti bosing,posisinya harus dibuat central,yaitu putaran as harus lancar.
      caranya,pasang semua bagian lalu ketok rumah motor dengan kayu kaso.
      tidak usah terlalu keras,cukup 1 kali lalu putar as dengan tangan.
      jika masih berat,ketok lagi sampai putaran as lancar.

      kalau speed 1&2 gak ada respon,sepertinya ada kawat yang putus.
      mungkin saat membongkar ada kawat yang tersangkut,periksa dulu dengan teliti terutama bagian dalam gulungan.

      Delete
  11. berarti fuse/skring nya ga rusak/ msi bagus bang.ok,sya cek dl sambungan di gulungan nya apa ada yg putus.sblum nya trimakasih bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fuse tidak putus,karena speed 3 bergetar.
      cara mengecek kawat gulungan ada yang putus atau tidak,ukur kabel yang terhubung pada kapasitor dengan multimeter skala ohm X1 atau X10.
      kupas kabel/lepas kapasitor,tempelkan probe pada masing-masing kabel.
      jika jarum bergerak kira-kira 1/4 skala,berarti jalur baik.

      Delete
  12. mohon pencerahanya boz.,.,kipas gue ada mslh..
    mslhnya kipas kagak mau bisa kenceng, pdhl udah saya ganti kapasitor, mutarnya tetep lambat, and speed 1,2,3 kayak ga brfungsi,.,
    thanks.,.,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nilai kapasitor diganti dg yg lebih besar,misalnya 2 mF.
      Kl msh lambat jg,gulungannya harus ganti.

      Delete
  13. Anonymous7:44 PM

    mas cara melepaskan bosing bagaimana pakai alat apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung bagaimana bosing itu terpasang,ada yang dijepit,membongkarnya gunakan obeng (-) yang tipis lalu congkel jepitannya.
      ada yang ditahan oleh pegasnya,membongkarnya ketok pada bagian depan bosing dengan besi yang luas penampangnya lebih besar dari lubang bosing.
      bisa juga menggunakan as yang tidak terpakai,lebarkan penampangnya dengan cara dipukul-pukul dengan palu.

      Delete
  14. Mas,, kipas anginku swing pd level 1-2 ğ∂ќ berfungsi. Nah klo dlevel 3 pling atas dy bsa berfungsi swingnya.. Apa penyebabnya ?? N apa yg hrz dganti ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. swing ada 2 model,yang menggunakan gearbox dan dinamo.
      gearbox digerakkan oleh as kipas,sedangkan model dinamo digerakkan oleh listrik yang memiliki switch sendiri.
      kalau masalah swing bekerja hanya pada speed 3,saya perkirakan swing kipas anda menggunakan dinamo.
      coba periksa instalasi kabel dinamo swing.

      Delete
  15. Salam kenal Untuk kran 24 lubang skema gulungannya bagaimana ya..... tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kipas yang baling-baling besi ya?
      skema kipas kern 24 alur sama saja dengan 16 alur,bedanya kutub-kutub kern 24 alur ada 2 tingkat,sama seperti dinamo mesin cuci.

      Delete
  16. Salam kenal Untuk kran 24 lubang skema gulungannya bagaimana ya..... tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kipas yang lubang alur 24,cara gulungnya sama seperti mesin cuci,ada 2 tingkat.
      perbedaannya,pada mesin cuci tidak ada kumparan untuk speed.

      Delete
  17. mau nanya mas. kipas angin saya rusak,, ketika off,, keras banget diputarnya,itu kira kira apa yang kena... trus kalo bosy tu susah gak nyarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pasti bosingnya gan....carinya di toko yang jual spare part multi seperti mesin cuci,kulkas,kipas,dan mesin air.
      kalau toko yang khusus satu macam,misalnya mesin air,gak ada spare part mesin lainnya.

      Delete
  18. Anonymous11:03 PM

    Mau tanya ne bang, klo kapasitornya saya ganti yg lbih tinggi, misal dari 1,5 mF sy ganti 2 mF, kira2 gk apa2 ya, trus apa berpengaruh sama kecepatan kipasnya, thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengganti kapasitor 1,5 mF dengan 2 mF bisa menambah kecepatan putaran kipas,tetapi arus yg ditarik juga lebih besar,cepat atau lambat berpengaruh pada gulungan kipas,akan cepat soak.
      jadi lebih baik,mengganti sesuai standar pabrik saja.

      Delete
  19. Saya mau tanya kalo kipas meja kecil diameter 20 cm apa bisa dibuka baling2nya?
    suaranya berisik sret sret, apa pelumas udah kering ya? Setelah saya bersihkan baling2nya (dilap) malah jadi bunyi sret2... makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya,bisa dibuka,tetapi karena pemasangannya dengan sistem press,jadi harus dipaksa.
      saya biasa membuka dengan cara mencongkel baling-baling menggunakan obeng panjang 2 buah.
      bunyi berisik mungkin bosy atau as sudah aus,jadi posisi as tidak central lagi,sehingga besi rotor sedikit menyentuh(menitis) besi kern.

      Delete
  20. Bro bagaimana klo swing kipas angin tidak muter....

    ReplyDelete
    Replies
    1. swing kipas ada 2 model gan,menggunakan gearbox dan dinamo.
      kerusakan swing yang menggunakan gearbox biasanya pada geliginya yang aus,sedangkan yang menggunakan dinamo pada kumparannya.

      Delete
  21. galih9:37 PM

    maf gan mau nanya ni,sya punya kipas merek denpo,tdi nya habis ganti capasitor cuma tahan 3bln,stelah itu gamutar lg cuma dengung halus.trus saya bongkar dan di bersihkan ass nya, pas saya pasang lg tetap ga bisa cmu dengung halus.tp klo di putar pake tangan bisa mutar pelan padahal capasitor nya baru beli,yg aneh nya klo di putar ke kiri juga ass nya mau mutar.ko bisa gitu yah gan,,,,,rusak nya di bagian mana,trimakasih di tunggu solusi nya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau diputar ke kiri as bisa berputar berarti gulungan starting ada yang putus,gan.
      saya punya pengalaman dengan kasus sama,penyebabnya pemilik kipas ceroboh saat membongkar kipas untuk dibersihkan.
      kecerobohannya yaitu obengnya terpeleset menusuk gulungan starting ketika membongkar bagian mesin.
      ini saya ketahui setelah mengukur dengan avo meter pada kabel speed dengan kabel starting(yang terhubung dengan kapasitor),jarum tidak bergerak.
      setelah meneliti gulungan,saya melihat ada lecet pada gulungan.
      yang membuatnya tetap bisa berputar(meski pelan),karena gulungan runing mendapat arus.

      kalau pada kasus agan galih,kalau memang tidak ada kecerobohan saat membongkar,saya kira penyebabnya solderan kawat starting ke kabel mungkin mengapur,sehingga tidak terkonek sempurna.
      sebaiknya cek dahulu dengan avo meter pada kabel yang menuju kapasitor.

      Delete
  22. mas mau tanya, kalo kipas angin muternya kenceng terus lambat lalu kenceng lagi lalu lambat lagi gtu terus, itu kenapa ya? dan solusinya bgmn?
    terima kasih

    ReplyDelete
  23. nanya mas, kipas ane gak muter, bosing as da bersih, kapasitor baru, tapi belum muter juga,kalo listrik docolokan, posisi speed netral di dinamo, as ada setrum, tapi kalo speed 1-3, listrik di dinamo , as tidak ada, apa itu normal? trus apanya lagi yg rusak...makasih banyak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau semua komponen vital bagus,perlu dicurigai gulungannya.
      perkiraan saya,ada kawat yg putus 1 atau 2 helai.
      silahkan periksa dahulu,caranya bisa dilihat pada artikel memeriksa kerusakan koneksi kawat kipas angin.

      Delete
  24. mas, saya buka kipas angin tujuan nya mau dikasih pelumas , gak sengaja tu gulungan nya lepas dari rumah nya , eh malah putus tuh kawat email yg halus-halus itu , melihat panjang nya masih bisa di sambung, tapi saya bingung mau nyambungin dengan yg mana aja , semua ada 5 helai, tolong mas solusi nya gimana, merk kipas : miyako

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau putus 5 helai,menurut saya cukup banyak.
      tapi kalau kawat yg putus ukurannya beda2,mungkin masih bisa dicari tau dengan cara dipasangkan antar kawat,jika masing2 ujung kawat ketemu,maka itu pasangannya..
      Cara menyambungnya dengan cara di jumper,gunakan kawat yg ukurannya sama dengan panjang disesuaikan.
      bakar kedua ujung kawat dan diamplas lalu lilitkan pada kawat yg putus tadi,kemudian disolder.
      jika cara ini gagal,sebaiknya gulung ulang.
      terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  25. Mas, kipas angin sy klo jalan bunyinya keras sekali sangat berisik. Itu solusinya gmn mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 kemungkinan,as atau bosingnya aus,sebaiknya ganti keduanya.
      terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  26. mas kipas saya ko kalo nyala cuma tahan 5 menit doang trus mati lagi trus ada suara dengung padahal kapasitornya baru saya ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. kondisi as dan bosing gimana gan?
      coba ganti dulu keduanya.

      Delete
  27. Mas... saya punya kipas buat Exsaus van merek maspion... tadinya hidup, sekarang g mau muter.... saat posisi hidup / di on kan... kipas g mau muter, ada suara mendengung halus di motor, saya putar kipasnya lancar... saya bongkar motornya ada 3 kabel, cek tegangan OHM nya pake avo meter antara kabel satu dengan yang laiannya nyambung, cek kabel dengan bodynya g ada short / g nyambung kabel antara body ... Resistor baru sudah di ganti dgn yang lebih besar dari sebelumnya... tetapi kipas, tetap tidak mau muter... suara mendengung halus masih ada.... kira - kira apa solusinya supaya kipas bisa fungsi lagi.... trimakasih sebelumnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin maksudnya kapasitor ya,bukan resistor.
      coba agan ukur 2 kabel yg menuju kapasitor dengan avo,apakah jarum bisa bergerak atau tidak?
      perkiraan saya,thermo fuse putus,dipasang pada kabel yg menuju kapasitor.

      Delete

Share

Widgets

random

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Powered by Blogger