KERUSAKAN MESIN CUCI PADA SEAL PENYANGGA TABUNG PENGERING | BALGEN

KERUSAKAN MESIN CUCI PADA SEAL PENYANGGA TABUNG PENGERING

seal pengering
seal pengering

Beberapa waktu lalu saya dimnta memperbaiki mesin cuci 2 tabung merk panasonic.
Menurut pemiliknya yang rusak bagian pengering,suaranya berisik glodak gladuk,"kayak orang berantem,"katanya. :)



Awalnya saya fikir masalah pada kaki pegas dinamo,karena sebelumnya pernah memperbaiki dengan kondisi yang sama.
Setelah bongkar bagian belakang mesin,saya perhatikan body dinamo patah pada bagian untuk kaki pegas,rupanya gojlokan tabung pengering begitu kuat,sampai dinamo tidak sanggup menahannya.

Saat itu saya tidak memperhatikan kondisi seal penyangga tabung,saya masih beranggapan masalah pada kaki pegasnya.
Ini menjadi pelajaran,kalau pegas kaki dinamo tidak elastis lagi(sudah lemah),tidak akan membuat body dinamo patah.

Setelah ketiga kaki dinamo tersebut dilepas,barulah timbul rasa curiga,karena kondisi pegas ketiganya masih elastis,tingginya pun masih sama rata.
Maka saya meraba seal penyangga,dan terasa ada yang janggal,sayapun melepas tabung pengering.
Untungnya cover tutup pengering dapat dilepas,sehingga tidak perlu membongkar seluruh casing mesin cuci.
Setelah tabung pengering terangkat,hmm......pantas saja bunyinya rame banget,wong seal-nya sobek.

karet seal sobek
karet seal sobek


Segera saya ke toko spare part mencari penggantinya,namun penjual memberi saya seal yg beda,karetnya lebih tebal,dia hanya berpatokan pada diameter plastik dan bosingnya.
Kembali saya mendapat pelajaran disini,bila membeli part usahakan yang benar-benar mirip,masalahnya saat dipasang,sulit sekali mengunci meski ditekan dan dihentak kuat-kuat.
Terpaksa beli lagi di toko yang berbeda,setelah mendapat part yang sama,alhamdulillah sekali tekan seal langsung mengunci sempurna.


Setelah penggantian seal,saya harus menyelesaikan masalah lain,yaitu casing dinamo yang patah.
Berhubung casing tersebut tidak ada yang jual baru,apalagi dinamo panasonic,saya tawarkan saja ganti mesin dinamo pengering model standar,karena jarak antar kaki sama saja.

Cara melepas seal penyangga tabung pengering
Buat teknisi pemula,biasanya akan kesulitan saat melepas seal ini,begitu juga saya,hehehe.
Untuk melepas seal ini,yang pertama dilakukan adalah melepas tabung pengering dahulu,baru mencongkel seal.
Mencongkelnya pun bukan pada gigi pengait,karena kalau yang didorong giginya,yang terlepas hanya gigi tersebut,sementara gigi pengait lain tidak bereaksi.
Cara yang saya lakukan adalah mencongkel disela-sela antar gigi pengait sehingga gigi lain akan ikut melepas kaitannya.

Untuk memasangpun banyak yang mengeluh sulit,gigi pengait tidak langsung terkunci meski ditekan kuat.
Oleh karena itu,saat membeli part pengganti,usahakan yang sama persis.
Karena beda part,ketebalan karet seal juga beda.
Tapi kalau kebetulan mendapat part beda namun karet lebih tipis,dapat digunakan asalkan bosing dan diameter plastik pengait sama.
Atau bisa juga mengganti dengan seal universal,asal diameternya sama.
Memasang seal ini lebih mudah,karena pengaitnya menggunakan ulir.

Untuk kerusakan mesin cuci lainnya,anda dapat membacanya di artikel troubleshooting mesin cuci.
Dan cara merawatnya silahkan baca merawat mesin cuci.
Demikian artikel kali ini,semoga dapat bermanfaat.

Rekomendasi toko online sparepart mesin cuci,klik link disini.

23 comments:

  1. tu cara buka seal nya tolong lebih rinci mas klw perlu pakai gambar terima kasih

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas masukannya.
    insya Allah artikel akan saya update.

    ReplyDelete
  3. Min...kl kipas pulsator lepas terus meskipun sdh ganti baut sama kipas baru tetap aja lepas...kerusakan ada dmn min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerusakan ada pada anda krna tidak bisa menemukan solusi nya, xixixix

      Delete
  4. Min...kl kipas pulsator lepas terus meskipun sdh ganti baut sama kipas baru tetap aja lepas...kerusakan ada dmn min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di baudnya pakai 1 mur tambahan untuk mengunci, perhatikan ass dinamonya biasanya ada terdapat coakan, gunakan baud yg tepat. Semiga bermanfaat...

      Delete
  5. Mas mau tanya dimesin cuci aku di bagian pengering di bawah ternyata ada baju nyangkuut..uda coba buka pengring tpi tkut tmbah rusak... gmna cara bongkar nya ya... terima kasih tlong info nya... 085649954291

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk melepas tabung pengering caranya dengan mengendorkan/melepas baut pengait as tabung di konektor.
      lepas bingkai bagian pengering.
      kalau bingkainya menyatu dengan bagian pencuci,harus dilepas seluruhnya.
      untuk melepas seluruh bingkai,tali drain harus dilepas dulu.
      biasanya tabung pengering sulit dicopot,cara melepasnya dengan menahan konektor(dengan kunci sock panjang),lalu tabung pengering diputar sambil diangkat.
      demikian jawaban saya,semoga bermanfaat.

      Delete
  6. Nama suwandi no hp 081330510661 punya masalah pd mesin cuci merk HITACHI troublenya mesin posisi spin max 800 rpm setelah selesai speed perlahan turun sebelum berhenti posisi pd rpm 200 dinamo ada puran balik arah kemudian ada kelainan suara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Putaran balik arah?
      Saya blm pernah nemu kayak gt gan.
      Soalnya ketika berhenti,tabung akan melambat utk membuang gaya putaran.
      Kl ada kejadian balik arah,bisa jadi kapasitor bermasalah.

      Delete
    2. Kapasitor salah kabel broo

      Delete
  7. dibuatin video di youtube. om cara mengganti seal, dengan masalah yg smaa yg om hadapi itu om.

    ReplyDelete
  8. Apa penyebab gladak gluduk mesin cuci full automatic?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kancing dinamo abis bro..(per nya)rem nya tarik aja kaitkan ke bodi tabung nya biar gak gradak grudk

      Delete
  9. Tabung pengering setelah saya servis dinamo posisinya terangkat naik, sehingga posisinya mepet dengan talang air masuk, padahal dinamo ukuran sama, saya coba potong per pegasnya, apakah tepat cara ini, karena per pegas saya cari tidak ada yg ukurannya lebih pendek. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang bawah bro..mungkin as kurang licin ..kalo posisi baud sudah pas sma lubang as putar..itu udah pas..

      Delete
  10. Om kalo dinamonya Muter pelan dinamonya panas .itu apanya ya om ?? Mohon di bantu om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 3 masalah (1 dinamo lemah,gulung lagi kalo gak ganti baru,2 kapasitor,3 salah kabel arah,kiri kanan nya)

      Delete
  11. Kalo merek denpo 828 berapa'n ya harganya...??

    ReplyDelete
  12. Untuk mengetahui ukuran seal penyangga pengering gimana bro

    ReplyDelete
  13. Bg mesin cuci saya LG 2 tabung ganti seal karet pembuangan karna bocor..
    Udah ganti karet seal tapi tetep bocor apa ya yg salah?
    Mohon bantuannya terimakasih..

    ReplyDelete

Share

Widgets

random

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Powered by Blogger