KONSEP KUMPARAN STATOR BLENDER PHILIPS | BALGEN

KONSEP KUMPARAN STATOR BLENDER PHILIPS

BLENDER PHILIPS


Pertama kali melihat kumparan stator blender ini,agak bingung juga,karena ada kabel yang menghubungkan kumparan stator kiri dengan kumparan stator kanan.
Setelah diteliti lebih jauh,ternyata cuma seperti itu.



Umumnya gulungan stator blender seperti gambar ini;
Tegangan listrik dari PLN langsung masuk ke masing-masing gulungan stator.
Biasanya speed untuk blender adalah 2 atau 3 speed,dimana speed terendah dengan memberikan arus mundur pada sebuah atau 2 buah dioda yang dipasang seri di saklar.
Sementara speed tercepat dengan menghubungkan langsung tegangan pada gulungan stator.



Sedangkan gulungan stator blender philips seperti ini;
skema gulungan blender
skema blender
Gambar aslinya;
gulungan blender merk philips
mesin blender philips

Kabel biru yang saya beri tanda tanya/tanda panah itu yang saya tidak kenali fungsinya untuk apa.
Untuk mengetahuinya,saya harus melakukan sedikit riset kecil-kecilan,yaitu dengan meneliti foto-foto sebelum dibongkar,melihat ujung semua kabel terkonek pada kawat ukuran berapa lalu dibuatkan skema koneksinya.


Dari skema yang berhasil saya buat,barulah diketahui apa fungsi kabel biru kecil tersebut.

skema blender philips
skema blender philips

Secara sederhana,skema tersebut dapat digambarkan seperti ini;

skema blender philips disederhanakan
setelah disederhanakan
Karena gulungan sebelah kanan lebih banyak daripada sebelah kiri,maka gulungan ke 3 diletakkan bersama gulungan sebelah kiri agar seimbang.
Oleh karena itulah,ada kabel melintas dari gulungan kanan ke gulungan kiri.

Lalu bagaimana dengan speed 1 dan 2?
Caranya seperti yang diterapkan pada dinamo blender umumnya,yaitu menggunakan dioda di saklarnya.

system saklar blender philips
saklar blender philips

Speed 1 memberikan arus balik dioda menuju speed 3,begitu juga speed 2.
Sedangkan speed 3 dan 4,arus langsung masuk menuju gulungan speed,dan speed 5,arus langsung dihubungkan pada gulungan stator.
Jadi gulungan speed dan dioda,fungsinya mengurangi arus yang masuk gulungan stator,sehingga didapat putaran rotor menjadi lebih lambat secara bertingkat.

Data gulungannya adalah sebagai berikut;
Kumparan stator menggunakan kawat 040 dan jumlah lilitannya 250 lilit.
Sedangkan gulungan speed menggunakan kawat 030,jumlah lilitan masing-masing adalah 80 lilit.

Bila tidak ingin repot menggulung,cara mudahnya adalah mengganti 1 set dinamo blender philips.
Produknya banyak tersedia di toko online.
Informasi produk,klik pada gambar;




Untuk kerusakan lainnya,silahkan baca kerusakan blender dan kerusakan blender keluar percikan api,

66 comments:

  1. cara menggulung nya bagaimana pak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila agan pernah menggulung dinamo blender standar,maka blender philips ini kawat besar dan kawat kecil tinggal ditumpuk saja.
      tetapi bila belum pernah,saya sedang mempersiapkan artikel dinamo blender/sejenis,agan bisa pelajari disitu.
      terimakasih atas responnya.

      Delete
    2. Anonymous8:10 AM

      Siap menunggu artikel yg diperuntukkan bagi pemula

      Delete
  2. pak putaran dinamonya terbalik apanya yang salah..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fasanya Kebalik Kang Itu. Tinggal Balik Saja Kabelnya

      Delete
    2. Anonymous1:42 PM

      Kabel yag mna bos bingung gue takut kongslet

      Delete
  3. Pak kalau sudah gulung angker.jenis apa yang bisa divernis?apa bisa pakai sirlak?

    ReplyDelete
  4. Pak kalau sudah gulung angker.jenis apa yang bisa divernis?apa bisa pakai sirlak?

    ReplyDelete
  5. saya justru tidak tau beda vernis dan sirlak,saya fikir sama saja, :)
    kl agan faham bedanya,pilih aja yg setelah kering hasilnya lebih keras.

    ReplyDelete
  6. kl blender 1 tombol seperti blender miyako , brp lilitan yg di butuhkan gan ? ada skemanya gan ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sdah gulung lilitan blender miyako jumlah lilitannya 355.kisarannya 350-360 lilitan.

      Delete
  7. saya jarang menerima gulung blender,gan.
    jadi untuk model yg agan tanyakan,saya tidak punya datanya.
    mungkin bila nanti saya dapat datanya,saya update artikelnya.

    ReplyDelete
  8. Bang achmad, tolong dong share skema gulungan utk rotor blendernya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pingin sih gan,tp masalahnya skemanya agak ribet.
      Saya belum nemu cara menyederhanakan gambarnya.
      Mungkin lain waktu kalau sudah dapat,saya update.

      Delete
  9. kalau membuka spul angker atau rotornya bagaimana pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak sulit,gan.
      Karena lilitan dilapis cairan yg cukup keras.
      Tp bukan berarti tidak bisa,asal ditekuni pasti ketemu caranya.

      Delete
  10. Pak permisi tanya?aku kesulitan jika gulung angker tak ada serupa gulungan misalnya 71 dan 82 dalam dua jalan.jika aku gulung pakai kawat 0.15 berapa lilitan standarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak punya data gulungan angker,gan.
      Soalnya memang tidak menerima.

      Delete
  11. klo salah pasang kabelnya gimana akibatnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel apa dulu yg salah pasang.
      Karena efeknya beda2.

      Delete
  12. Mau tanya Bozz.....ukuran termostart(PTC) utk blender biasanya berapa omh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukurannya derajat gan,bukan ohm.
      Biasanya sekitar 150 derajat.

      Delete
  13. Mas, boleh tanya jenis dinamo/motor buat mixer adonan keras mas ? Trima kasih

    ReplyDelete
  14. Mas, boleh tanya jenis dinamo/motor buat mixer adonan keras mas ? Trima kasih

    ReplyDelete
  15. pak/bu cara gulung ulang rotor blender philips yg 12 alur 24 pin terminal.mohon petunjuk lebih detil rotor rupanya tdk sama ada yg sama alur dan pinn terminalnya,kalau yg sama saya dapat triknya.ini blender yg belakangan ini pin terminalnya 24 alurnya 12
    ini email saya berton@smadel.sch.id

    ReplyDelete
  16. maaf pak mau tanya. gmn caranya merangkai kabel dinamo blender hanya dengan satu saklar. agar satu kali ceklek dinamo bisa langsung berputar. saya bingung soalnya ada 4 kabel yg berbeda warna.
    (danz2605@gmail.com) mohon tutornya pak. terimakasih

    ReplyDelete
  17. Maaf sblumnya mas, mau nanyak nih, blender saya merek miyako tiba" MATOT Pdahal bebannya biasa aja, stlah sya bongkar, arus pada spull 1 nya ilang"timbul gitu (kdang"ada), sementara dari stop kontak kekbelnya arus OK, knapa bisa begitu ya??? Terimasih atas solusinyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba periksa solderan kawat ke kabel,mungkin timahnya sudah korosi.

      Delete
  18. Bahan/zat apa yg di pakai utk melunakkan sirlak pada angker blender ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udh coba rendam thinner gan?
      Ini sekedar masukan,saya sendiri gk gulung angker.

      Delete
    2. Kalo tiner bisa merusak lapisan tembaganya,,,saya pakek spirtus,saya rendam,memang agak lama tp aman untuk lapisan tembaganya🙏🙏

      Delete
  19. Maaf bro mau tanya ukuran diamerer kawat stator grenda makita 4"...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stator gerinda belum pernah gulung gan.
      Pernah service,tapi tidak memperhatikan kawatnya.

      Delete
  20. Mas,tombol blander 1,2,3&4 tidak berfungsi,bisabisa kasi tau knapa ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caira yg buat melumasi gulungan tembaga apa ya boss&dapat di beli di mana cairan tu/tu cairan kusus bwt tembaga

      Delete
  21. Gan, blender kalau 15 - 20 menit langsung mati.itu apanya yg rusak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thermo start , sensor suhu, apabila dynamo terlalu panas akan memutus arus

      Delete
    2. thermo fusenya kali...bila panas ia memutus arus listrik, bila setelah dingin...blender jalan lagi, kl panas lagi...mati lagi. kalo pakai blender jangan on terus...paling nggak pakai 1 menit lalu istirahatkan bentar...on kan lg...dst , gunanya untuk mengawetkan motor dinamonya..

      Delete
  22. Gan...gmn cara melembutkan gulungan stator blender Philip yg sudah mengeras. Atau sudah dilumuri kerlak. Mohon jawaban nya gan!!!!!

    ReplyDelete
  23. Mf mas mau tanya, klo kawat yg dpake ukurannya sm ada pengaruhnya gk?
    Trims

    ReplyDelete
  24. punyaku egk bisa muter apa harus ke tempat service ya?

    ReplyDelete
  25. Gulungan stator keluaran N disambung sama speed 5??

    ReplyDelete
  26. Om posting di youtube dong

    ReplyDelete
  27. Om klok jumlah gulungan stator blender miyako brapa lilit ya om

    ReplyDelete
  28. jika arang mengeluarkan bara api yg berlebih itu yg perlu di cek kerusakan di bagian apanya dulu ya? jenis blender

    ReplyDelete
  29. tombol speed 1 2 3 4 tidak berfungsi sedangkan tombol speed 5 dan clean /pulser befungsi, mohon pencerahannya. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg punya kasus spt itu, masing2 pin out kabel yg ke saklar tidak ada hubungan satu sama lainnya atau koneksi lose, stlh saya cek pada sambungan kabel dg email kumparan (yg diikat dengan kabel ties), ternyata karatan dan putus. Mungkin akibat korosi bocoran mangkuk atasnya, disamping itu coilnya bkn dari tembaga.....dari aluminium....ha...ha...ha..

      Delete
  30. Mas Hermanto !!blender philipku ngak mau muter. Setelah saya bongkar arangnya aku bersihkan tp ngak mau mutee juga . Aku cek listrik di arang posip semua tp di ROTORnya kok ya ada listrik/nyala ditespen
    Lalu kira2 kenapa ya mas? Apa mmng rotornya ttp ada listrik?

    ReplyDelete
  31. Itu skema saklarnya diodanya apa ngaak kebalik bro...soale aku buka yg seri HR2115 diada yg digambar diatas itu dibalik diodanya...

    ReplyDelete
  32. Gan mau nanya.untuk lilitan blender satu speed kawat aslinya menggunakan kawat 0.30.klo di ganti dengan kawat 0.40 brapa lilitan ya gan. ..?

    ReplyDelete
  33. 250 sebelah atau 250 kanan kiri

    ReplyDelete
  34. Aku mau belajar gulung dinamo blender klo aku pakai kawat ukuran 0.45 kira kira berapa lilitan yah bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak disarankan,karena kawat dibesarkan jumlah lilitan berkurang.

      Delete
  35. Master gmn cara menggulung stator Mixser pilip hr 1500/a

    ReplyDelete
  36. Kode diodanya berapa boss

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh,gk merhatiin berapa kodenya.
      tapi pake 1n4007 bisa.

      Delete
  37. Anonymous10:00 AM

    asalamualikum bos kalo kabel warna biru dan putih yg ke dioda tdk ada arus masalahnya untuk buka dinamonya susah murnya slek terus kl arus dari kabel kuning di jumper / gabung berpengaruh tidak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. speed 1 dan 2 berfungsi normal gk?
      kl berfungsi,kabel putih dan biru tidak bermasalah,yg bermasalah mungkin saklarnya.
      karena kabel putih dan biru menerima arus langsung dari netral setelah tombol speed 3 atau 4 ditekan.
      sedangkan kabel kuning jg sama,jadi gk perlu jumper.

      Delete
  38. Anonymous11:24 PM

    trims gan

    ReplyDelete

Share

Widgets

random

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Powered by Blogger