DINAMO KIPAS MODEL PRESS BODY | BALGEN

DINAMO KIPAS MODEL PRESS BODY

dinamo press body merk cosmos
dinamo press body cosmos

Belakangan ini saya sering mendapatkan kipas angin merk cosmos dengan bentuk housing dinamo beda dengan yg lain.
Dinamo ini menggunakan sistem press body,jadi tidak membutuhkan baut untuk menutup rumah dinamo.
Bukan hanya rumah motornya yg beda,gulungannyapun lain dari yg lain.


Biasanya gulungan kipas antara runing dan starting dipasang bertumpuk,namun dinamo ini gulungan runing dan starting menggunakan sistem dipasang berderet.
Sepertinya ada bagian yang harus hilang saat digulung ulang.

Pengalaman saya saat pertama kali mendapat dinamo seperti ini,saya tidak tau bagaimana harus membukanya.
Sempat terfikir dinamo jenis ini bersifat permanen,tidak akan bisa dibuka.
Kalaupun dapat dicongkel dengan obeng min yg ditajamkan,tetapi kelanjutannya saat dipasang kembali,pasti tidak akan rapat lagi.
Akhirnya saya tawarkan pemiliknya ganti dinamonya dengan yg biasa,untungnya dia setuju.

Tetapi saya berfikir lagi,tidak mungkin setiap kali datang dinamo jenis ini saya tawarkan ganti dinamo.
Karena setiap orang berbeda-beda,ada yg nurut ada juga yg kritis.
Yang nurut sih enak,tinggal beli dinamo baru dan bayaran,dapat mesin bekasnya lagi.
Tapi yang kritis,kemungkinan dia tidak terima.
Pendapatnya pasti,kipasnya masih baru,masa ganti mesin baru?
Maka dari itu,saya harus pelajari trik cara bongkar dan menutupnya lagi,termasuk gulung dinamonya.

Cara bongkar dan pasang rumah motornya.

Ternyata untuk membongkar rumah motornya cukup mudah,tinggal selipkan alat yg tipis(misalnya pisau cutter) dan didorong masuk pelan-pelan dengan cara dipukul biar agak renggang.
Setelah agak renggang,barulah cungkil dengan obeng min.

Untuk memasangnya tidak bisa langsung dipasang dan dirapatkan,karena body belakang akan merenggang saat kipas berjalan akibat terdorong oleh besi yg berfungsi membuat dinamo geleng ke kiri dan ke kanan.
Bila dibiarkan,renggangan itu meski sedikit dapat membuat posisi as tidak central dan macet karena rotor menyentuh kern kipas.

Solusinya dengan melubangi pinggiran body atas bawah atau kiri kanan dengan lubang diameter kecil saja menggunakan bor.
Dilubang itu bisa kita pasang mur dan baut kecil,kalau tidak mendapatkan mur baut yang sesuai bisa diikat pakai kawat yang dililitkan.

Belakangan lagi saya mendapatkan rumah motor jenis ini tetapi sudah pakai pengait,jadi lebih mudah lagi saat pemasangan.


Untuk perbaikannya,sama seperti service kipas pada umumnya,tetapi untuk gulung dinamonya,ada perbedaan sedikit,dan masih dalam proses penelitian,tunggu artikel selanjutnya.

Update;
   Sepertinya dinamo ini tidak bisa digulung secara manual,karena gulungan akan renggang,sehingga panas yang dihasilkan dari gulungan tidak dapat terserap dengan baik oleh kern.

Sementara,pihak pabrik menggulungnya menggunakan mesin,jadi gulungan dapat rapat dengan kern.

Solusinya,beli mesin gulung otomatis(harganya murah,cuma sekian ratus juta, 😊).
Atau tawarkan ganti mesin dinamo yang umum terdapat di toko spare part.
Kalau pelanggan tidak mau,ya sudah kembalikan saja,dari pada kita repot.

4 comments:

  1. hahaha, itulah trik pabrik supaya mesinya tdk bs/susah diservis ulang/harus beli part nya utuh. Pabrik vs tukang servis :D
    Tapi menurut sy justru sngat gmpang gulung ulang spoolnya, krna aku sdah pnya rancang bngun mesinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh di share rancangannya gan?

      Delete
  2. Kebetulan saya juga dapat kipas angin yang seperti itu, kalau kita ganti dgn yang standard tidak bisa masuk batang ke as leher, dan besi pengayuh roda belakang juga lebih pendek dari yang ada di pasaran. Jadi harus di rubah ke kipas angin standard, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl dinamo cosmos jg,bisa masuk gan.
      Hanya besi pengayuh emang harus disesuaikan.

      Delete

Share

Widgets

random

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Powered by Blogger