DINAMO KIPAS ANGIN MODEL DONAT VERSI TERBARU | BALGEN

DINAMO KIPAS ANGIN MODEL DONAT VERSI TERBARU

 


Pertama kali melihat gambar dinamo ini di market place shopee,saya bertanya-tanya,apakah ini dinamo donat?

Tapi kok ada bautnya?


Sepengetahuan saya,dinamo donat menggunakan pengait untuk menyatukan housing depan dan belakang.

Malah model perdana,tanpa pengait sama sekali,housing disatukan dengan cara di-press,silahkan baca artikel saya berjudul dinamo kipas model donat.

Setelah lama mengamati,akhirnya saya faham,ini dinamo donat versi baru menggunakan baut.


Perkiraan saya,pabrik membuat dinamo ini terinspirasi dari tuser yg menggarap dinamo jenis ini.

Karena seringkali setelah dinamo dibongkar pengaitnya patah,maka dibuat lubang kecil untuk skrup.

Saya juga sempat membuat video cara ganti penjepit dinamo model donat yg saya upload di youtube.


Mengenai spesifikasi dinamo ini,menurut sellernya,menggunakan kawat tembaga.

Sedangkan dinamo donat sebelumnya,memakai kawat aluminium,tetapi ada juga yg tembaga.

Saya pernah menanyakan harga dinamo donat versi lama di toko offline langganan saya,harganya Rp100ribu.

Sementara dinamo donat versi terbaru,di shopee harganya kisaran Rp60-90ribu,tergantung toko.

Silahkan cek harganya di toko ini..


Untuk kwalitas,saya tidak bisa memastikan awet tidaknya,tetapi saran saya,jika membeli dinamo baru,jangan langsung dipasang..!!!

Sebaiknya bongkar terlebih dahulu.

Cek pada ring as,apakah memakai ring fiber atau karet.

Beberapa kali saya menemukan dinamo baru memakai ring karet,seperti video yg saya posting di fanpage saya.

Ring karet ini pada awal pemakaian memang tidak masalah,karena masih mengandung minyak.

Namun seiring berjalannya waktu,ring karet yg bersentuhan langsung dengan bushing akan kering dan memberi hambatan putaran as ketika berputar,terutama jika debu mulai menumpuk di bushing.

Hambatan ini akan berdampak pada kerja gulungan.

Jika hambatan bertambah besar,gulungan juga akan menarik arus lebih besar.

Efeknya,dinamo menjadi panas,dan akhirnya terbakar.(lihat; kerusakan sepele pada kipas).


Jika dinamo menggunakan ring karet,bisa diganti atau tambahkan ring fiber,apabila gap/maju mundurnya as masih cukup longgar.

Lalu oleskan gemuk/grease pada as.

Saya biasa memakai gemuk CVT GREASE.

Ring fiber bisa anda dapatkan disini.

Dengan melakukan "ritual" tersebut,kipas angin servisan saya bisa bertahan lama.
Bahkan ada yg sampai 2 tahun,silahkan baca sub judul dalam artikel ini.

0 Response to "DINAMO KIPAS ANGIN MODEL DONAT VERSI TERBARU"

Post a Comment

Share

Widgets

random

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Powered by Blogger